Scroll to Top

Hasil Studi: Kopi Dapat Cegah Alzheimer dan Parkinson

By C Novita / Published on Thursday, 08 Nov 2018

Alzheimer

Minum kopi ternyata tak sekedar bisa mendapatkan kenikmatan rasa dan aromanya yang wangi saja, lebih jauh lagi ada manfaat jangka panjang yang diperoleh bagi orang yang gemar mengonsumsinya. Beberapa studi telah mengungkap fakta tersebut, termasuk penelitian terbaru terkait kopi yang mampu mencegah dan menurunkan risiko penyakit alzheimer atau kepikunan dan parkinson.

Tak hanya alzheimer, minuman dengan kandungan kafein itu juga dapat mengurangi risiko parkinson. Dilansir dari metro.co.uk, co-director dari Kremblin Brain Institute di Kanada, dr Donald Weaver menjelaskan tentang penelitian yang dilakukan oleh timnya tersebut.

“Minum kopi punya beberapa korelasi dengan penurunan risiko pengembangan penyakit alzheimer dan penyakit parkinson,” kata dr Donald Weaver.

Studi itu menggunakan tiga jenis biji kopi yang berbeda pengolahannya, yakni dengan cara dipanggang sebentar, dipanggang lama hingga menghitam dan roasting gelap tanpa kafein.

Biji kopi dengan tiga pengolahan itu pun lantas diteliti kandungannya. Ternyata, terdapat senyawa bernama ‘phenylindanes’ dalam tiap biji kopi yang mengalami roasting.

Manfaat dari senyawa phenylindanes, menurut ilmuwan adalah mencegah dan menghambat penggumpalan dua fragmen protein (beta amyloid dan tau). Itu adalah dua jenis senyawa yang ditemukan pada otak penderita alzheimer dan parkinson.

“Ini penelitian pertama yang melihat reaksi fenilindana berinteraksi dengan protein yang bertanggung jawab untuk alzheimer dan parkinson,” papar Dr Ross Mancini.

Namun peneliti juga mengakui bahwa ini masih awal untuk mengungkap bagaimana manfaat kopi dapat ditransfer ke opsi terapeutik. Jadi mereka sendiri tidak menyebut bahwa kopi adalah obat dari alzheimer dan parkinson.

 

 

 

Komentar Anda