Scroll to Top

Hasil Piala AFF 2018: Filipina vs Singapura 1-0, Debut Manis Sven-Goran Eriksson!

By Wan Faizal / Published on Tuesday, 13 Nov 2018

PhiSin

Hasil AFF Suzuki Cup 2018 Grup B yang mempertemukan Filipina vs Singapura di Panaad Stadium berakhir dengan skor tipis 1-0, Selasa (13/11). Skor Filipina vs Singapura ini tentu menjadi hasil yang sangat didambakan Sven-Goran Eriksson dalam laga debutnya sebagai pelatih The Azkals dimana ia dibebani target tinggi dalam turnamen tahun ini.

Hadirnya pelatih sekaliber Eriksson tentu meninggikan keyakinan Filipina untuk berbuat lebih baik di turnamen kali ini. Apalagi mereka juga bisa memanggil kiper Cardiff City yakni Etheridge yang diharapkan bisa memberikan perubahan besar pada tim bersama duo Younghusband. Sementara Singapura datang ke Bacolod dengan harapan bisa mengulangi hasil manis seperti ketika melawan Indonesia di laga pertama.

Filipina yang bermain di kandang sendiri sudah mencetak peluang bagus di menit ketiga melalui tembakan Ott. Tak lama kemudian ada tembakan dari Martinez yang masih melebar dan disusul peluang lanjutan dari Ott di menit 10. Singapura bukannya tanpa peluang. Mengandalkan Ikhsan di lini depan, beberapa kali putra dari Fandi Ahmad ini membahayakan gawang Filipina namun tidak sampai membuat Etheridge memungut bola dari dalam gawangnya.

Segala tekanan yang dilakukan Filipina yang tidak membuahkan hasil sepanjang babak pertama membuat mereka bermain lebih agresif. Ott menjadi ancaman nyata bagi pertahanan Singapura namun untuk kesekian kali ia gagal memanfaatkan peluang yang ia dapat menjadi gol. Demikian juga di menit 64 ketika ada tembakan dari Younghusband yang masih bisa diamankan oleh Sunny.

Eriksson tentu tak mau gagal meraih kemenangan dalam laga debutnya di hadapan publik sendiri. Beberapa percobaan dan perubahan ia lakukan dalam skuadnya dengan harapan bisa memberikan hasil yang lebih baik. Dan pada akhirnya, sebuah gol pun lahir di menit 78 melalui aksi individu menawan Patrick Reichelt yang sukses ‘berdansa’ di kepungan para pemain Singapura dan mengakhirinya dengan penyelesaian manis di depan gawang Sunny.

Singapura tentu tak mau pulang dengan kekalahan dan mereka bekerja keras untuk bisa mencetak gol penyama. Sebenarnya ada peluang bagus di menit 95 lewat tandukan Hamzah namun arahnya masih melebar tipis dari gawang Etheridge. Tetap tak ada gol balasan yang bisa dibuat Singapura dan Filipina boleh mengklaim tiga angka dari pertandingan pertama mereka ini.

Data Pertandingan:

Filipina 1-0 Singapura (Reichelt 78’)

Filipina Singapura
No. Starting Eleven YC
RC
No. Starting Eleven YC RC
1. Neil Etheridge 18. Hassan Sunny
21. Martin Steuble 7. Zulgarnaen Suzliman
6. Luke Woodland (34′) 16. Irfan Fandi
3. Carli de Murga 21. Safuwan Baharudin 31′
36. John-Patrick Strauss 2. Shakir Hamzah
8. Manuel Ott 13. Izzdin Shafiq
22. Paul Mulders 14. Hariss Harun
5. Mike Ott (46′) 11. Yasir Hanapi 39′
17. Stephan Schrock 22. Gabriel Quak
29. Patrick Reichelt 10. Faris Ramli (67′)
10. Phil Younghusband (96′) 20. Ikhsan Fandi (86′)
Substitutes Substitutes
15. Michael Falkesgaard 1. Izwan Mahbud
16. Patrick Deyto 30. Zaiful Nizam
7. Iain Ramsay 4. Nazrul Nazari
11. Daisuke Sato (34′) 5. Baihakki Khaizan
12. Amani Aguinaldo 8. Jacob Mahler (72′)
14. Kevin Ingreso 9. Faritz Hameed
19. Curt Dizon (96′) 15. Iqbal Hussain
23. James Younghusband (46′) 17. Shahril Ishak (67′) (72′)
25. Stephan Palla 19. Khairul Amri (86′)
26. Jovin Bedic 23. Zulfahmi Arifin
31. Adam Reed 25. Anumanthan
27. Adam Swandi
Coach Coach
Sven-Goran Eriksson Fandi Ahmad
Referee Venue
Panaad Stadium

Komentar Anda