Scroll to Top

Benarkah Jika Bumil Makan Nanas Maka Bayi Akan Lahir Prematur?

By C Novita / Published on Tuesday, 20 Nov 2018

nanas

Terdapat mitos yang berkembang di masyarakat kita bahwa ibu hamil dilarang makan buah nanas. Alasannya, janin bisa mengalami keguguran atau jika kandungan sudah besar maka akan lahir prematur. Benarkah hal tersebut?

Menanggapi ketakutan pada buah nanas tersebut, dr. Dyan Mega Inderawati kepada laman klikdokter.com mengatakan bahwa hal itu tidak sepenuhnya benar.

Nanas tidak seberbahaya itu, terutama jika Anda hanya mengonsumsinya dalam jumlah sedikit.

“Nanas tidak akan bisa membuat keguguran atau kelahiran prematur kalau dikonsumsi dalam batas yang wajar,” ungkap dr. Ega.

Apa saja kandungan zat pada buah nanas sehingga sangat menakutkan ibu hamil? Sebenarnya dalam nanas ada banyak nutrisi yang berguna bagi kesehatan, antara lain adalah serat, lemak dalam jumlah rendah, vitamin B1, B6, dan vitamin C.

Nutrisi nanas baik bagi kesehatan jantung, sistem saraf, dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Pencernaan pun lancar serta terhindar dari sembelit jika makan buah nanas.

Sementara itu zat bromelain yang ada pada nanas, juga baik untuk pencernaan. Namun karena adanya zat inilah maka banyak yang khawatir mengenai kondisi janin pada ibu hamil. Dalam porsi sedikit tentu zat tersebut tidak akan berbahaya untuk kehamilan.

Tambahan dari dr. Ega, prematur lebih sering terjadi bukan karena makanan. Berikut ini beberapa faktor pemicu prematur:

Faktor ibu:

– Gaya hidup ibu hamil yang tak sehat (merokok, minuman keras, narkoba, obat keras)

– Inkompetensi rahim atau leher rahim yang mudah terbuka sehingga rentan membuat janin lahir sebelum waktunya.

– Preeklamsia (naiknya tekanan darah atau hipertensi, dan munculnya protein di urine (proteinuria)). Akibat kondisi ini maka plasenta tidak mendapat cukup aliran darah. Preeklamsia juga memicu komplikasi berupa gangguan ginjal dan sesak napas.

Faktor dari janin:

– Adanya kelainan kromosom atau genetika.

– Janin kembar. “Biasanya kalau kembar, itu juga bisa tinggi risikonya untuk lahir premature,” tambah dr, Ega.

Jadi sedikit sekali kemungkinan buah nanas yang menyebabkan keguguran atau prematur, kecuali Anda memakannya berlebihan.

 

 

 

Komentar Anda