Scroll to Top

Luka Modric Pemenang Ballon d’Or 2018 Akhiri Dominasi Messi-Ronaldo

By vratislav / Published on Tuesday, 04 Dec 2018

Luka Modric Pemenang Ballon d'Or 2018 Akhiri Dominasi Messi-Ronaldo

Luka Modric resmi menjadi pemenang Ballon d’Or 2018 dengan pengumuman pada Selasa (4/12/2018). Dengan demikian, sang gelandang Real Madrid dan Kroasia mengakhiri dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo dalam 10 tahun terakhir di ajang pemain terbaik dunia tersebut.

Terakhir kali ada pemain yang mendapatkan Ballon d’Or di luar Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, terjadi pada 2007. Saat itu Ricardo Kaka yang bermain di AC Milan yang mendapatkan gelar tersebut. Setelah itu, dalam 10 tahun, Ballon d’Or, yang sempat berfusi dengan Pemain Terbaik FIFA cuma punya dua pemenang.

Cristiano Ronaldo adalah pemenang gelar itu pada 2008. Setelah itu, Lionel Messi mendapatkan empat Ballon d’Or sejak 2009 hingga 2012. Ronaldo mengejar ketertinggalan dengan dua gelar tambahan pada 2013 dan 2014.

Messi mendapatkan Ballon d’Or terakhirnya pada 2015, tetapi Cristiano Ronaldo menyamakan kedudukan menjadi 5-5, berkat kemenangan yang didapatkan pada 2016 dan 2017. Lalu, kali ini, dua nama tersebut kalah cemerlang dibandingkan Luka Modric.

Untuk tahun ini, Lionel Messi bahkan tidak ada dalam tiga besar kandidat. Posisinya digantikan oleh Antoine Griezmann (Atletico Madrid) yang sukses membawa Prancis juara Piala Dunia 2018. Kemudian, masih ada Cristiano Ronaldo yang memenangi Liga Champions bersama Real Madrid.

Tapi puncaknya memang ada Luka Modric, yang tahun ini moncer baik di timnas maupun klub. Dikutip Marca, Modric adalah elemen utama yang membawa Kroasia menembus final Piala Dunia pertama kalinya di Rusia 2018. Selain itu Modric juga mendapatkan gelar Liga Champions ketiga dalam tiga tahun beruntun kala Madrid menumbangkan Liverpool 3-1 di final.

Bagi Luka Modric, gelar individualnya tahun ini semakin lengkap. Dia adalah pemenang FIFA The Best 2018, gelar pemain terbaik dunia versi FIFA. Sementara itu, dia juga mencatatkan diri sebagai peraih Golden Ball Piala Dunia 2018. Artinya, Modric menaklukkan hati dan pikiran semua penggemar sepak bola.

Juri FIFA mengirimkan vote untuk dirinya menjadi pemenang Golden Ball. Ada kapten, pelatih, jurnalis, dan pemain yang tetap mengunggulkannya untuk trofi The Best. Lalu yang terakhir, para jurnalis memberikan pilihan pula untuknya untuk Ballon d’Or yang digelar France Football.

Komentar Anda