Scroll to Top

Top Skorer ISL Dikuasai Pemain Asing, IPL Milik Pemain Lokal

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 25 Jan 2012

Penggemar sepakbola di negara-negara besar seperti Inggris dan Italia pernah resah karena timnas mereka kurang menggigit di Euro atau Piala Dunia. Penggunaan pemain asing yang berlebihan dituding sebagai salah satu penyebab buruknya prestasi Italia dan Inggris.

Boaz Sollosa

Indonesia pun memiliki kendala demikian hingga musim lalu. Pemain lokal, setidaknya di posisi penyerang atau gelandang serang, kalah bersaing dengan pemain-pemain asing. Target meraih kemenangan membuat berbagai klub rela memakai penyerang asing yang memang dari segi kualitas lebih baik.

ISL Masih Milik Pemain Asing

ISL musim lalu memang menjadi milik Boaz Sollosa. Penyerang Persipura mampu mengemas 22 gol dan mendapatkan predikat top skorer. Namun, dalam 10 besar top skorer, cuma ada tambahan seorang Bambang Pamungkas yang berasal dari Indonesia.

Keith kayamba Gumbs

Musim ini, demikian pula yang terjadi di ISL. Hingga Selasa, 24 Januari 2012, posisi top skorer didominasi oleh para pemain asing. Di posisi teratas, ada duet penyerang Sriwijaya FC, Keith Kayamba Gumbs dan Hilton Moreira yang mengemas 8 gol. Cuma ada tiga penyerang Indonesia yang masuk dalam daftar 10 besar top skorer ISL berikut ini.

  1. Keith Kayamba Gumbs (Sriwijaya FC, St. Kitts and Nevis) 8 gol
  2. Hilton Moreira (Sriwijaya FC, Brazil) 8 gol
  3. Mario Costas (Persela, Argentina) 6 gol
  4. Marcio Souza (Arema, Brazil) 6 gol
  5. Albeto Goncalves (Persipura, Brazil) 6 gol
  6. Herman Dzumafo Epandi (PSPS, Kamerun) 6 gol
  7. Mohd. Safee bin Mohd. Sali (Pelita Jaya, Malaysia) 5 gol
  8. Patrick Wanggai (Persidafon, Indonesia) 5 gol
  9. Cristian Gonzales (Persisam, Indonesia) 5 gol
  10. Boaz Sollosa (Persipura, Indonesia) 5 gol

Andai Cristian Gonzales tidak menjadi warga negara Indonesia, cuma para pemain Papua yang bisa bersaing dengan pemain asing di ISL musim ini.

IPL Milik Pemain Lokal

Lain ISL, lain pula IPL. Meskipun dari segi rerata gol per pertandingan lebih sedikit, IPL lebih memberikan kesempatan bagi para pemain Indonesia untuk bersaing dengan pemain luar negeri. Tengok saja daftar 10 besar top skorer IPL musim ini. Setidaknya hingga Selasa, 24 Januari 2012.

iskandar

Di posisi puncak, memang ada Edward Wilson Junior, penyerang asing yang mengantarkan Semen Padang untuk sementara bercokol di puncak klasemen. Namun, ada pula M. Nur Iskandar, gelandang serang Persibo Bojonegoro yang mengoleksi 5 gol, setara dengan Edward Wilson Junior.

Di bawah mereka, di posisi 11 besar top skorer sementara, cuma ada dua pemain asing, yaitu Emile Mbamba (Persema) dan Emanuel de Porras (Persija). Selebihnya, 6 pemain Indonesia siap menyeruak merebut gelar pencetak gol terbanyak. Termasuk, Samsul Arif yang musim lalu mencetak 10 gol di Liga Primer Indonesia.

  1. Edward Wilson Junior (Semen Padang, Liberia) 5 gol
  2. M. Nur Iskandar (Persibo, Indonesia) 5 gol
  3. Samsul Arif (Persibo, Indonesia) 4 gol
  4. Emil Mbamba (Persema, Kamerun) 4 gol
  5. Emmanuel De Porras (Persija, Argentina) 3 gol
  6. Vendry Mofu (Semen Padang, Indonesia) 3 gol
  7. Abdul Musawwir (Persiraja, Indonesia) 3 gol
  8. M. Rahmat (PSM Makassar, Indonesia) 3 gol
  9. Irfan Bachdim (Persema, Indonesia) 3 gol
  10. Ferdinand Sinaga (Semen Padang, Indonesia) 3 gol
  11. T. A. Musafri (Arema, Indonesia) 3 gol

Data ini memang masih sementara. ISL dan IPL pun baru memasuki pekan-pekan awal. Apakah trend seperti ini akan berlanjut hingga akhir kompetisi?

Akankah para penyerang kita tidak merasakan nikmatnya “menjadi tuan rumah di kompetisi sendiri” di ISL? Ataukah, pada akhirnya, para penyerang asing di IPL yang bangkit dan menyetarai nasib rekan mereka yang berlaga di ISL yang dianggap ilegal oleh FIFA?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda