Scroll to Top

Wong Aksan Bermusik di Pertunjukan Wayang

By Aditya / Published on Wednesday, 25 Jan 2012

Aksan Sjuman Alias Wong Aksan

Aksan Sjuman alias Wong Aksan akan tampil beda dalam perhelatan seni budaya bertema kisah pewayangan. Mantan penggedor drum Dewa 19 ini akan berpartisipasi dalam gelaran bertajuk ”Gatotkaca Jadi Raja” yang akan dihelat pada 4 Februari 2012 di Senayan City, Jakarta.

Dalam pergelaran itu, Wong Aksan ditunjuk sebagai menjadi music scoring. Namun, suami dari Titi Sjuman ini tidak akan menampilkan gamelan di pementasan nanti meskipun temanya mengambil cerita dari kisah pewayangan. Menurutnya, tanpa gamelan pun pergelaran ini sudah mengandung keunikan karena ini adalah gagasan yang benar-benar fresh.

”Tidak ada musik Jawa atau gamelan. Tanpa gamelan pun sudah cukup unik. Jangan membayangkan ini seperti cerita wayang. Datanglah dengan berpikir bahwa ini ide yang baru, jangan membawa frame macam-macam,” kata Wong Aksan di Jakarta seperti dikutip dari Kompas, Rabu (25/1).

Wong Aksan menjanjikan sajian yang menarik kendati ini merupakan pengalaman pertama baginya menggarap musik dalam pergelaran budaya semacam itu. Putra dari sutradari legendaris Indonesia, Sjuman Djaja, ini pun akan menampilkan banyak lagu dalam pergelaran nanti.

”Kami akan membuat musiknya jauh lebih menarik. Lagu-lagunya juga lebih banyak,” janjinya.

Sebenarnya, di luar pekerjaannya sebagai musisi yang memang khusus di ranah musik, Wong Aksan pernah menggarap musik untuk film. Sebut saja Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Serdadu Kumbang, King, dan lainnya.

Bahkan, drummer yang masih tercatat sebagai anggota band Potret bersama Melly Goeslaw dan Anto Hoed ini pernah menyabet penghargaan Festival Film Indonesia (FFI) untuk perannya di bagian musik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda