Scroll to Top

Mobil Listrik Dari Spanyol Ini Bisa Dilipat

By Ivan Azzam / Published on Thursday, 26 Jan 2012

Sepeda lipat yang bisa dimasukkan ke dalam tas mungkin sudah biasa, tapi bagaimana dengan mobil listrik yang bisa dilipat? Ini baru namanya terobosan inovatif. Mobil yang diberi nama Hiriko ini dibuat oleh kerjasama perusahaan bernama Seven Basque dengan tim dari MIT Media Lab.

Mobil pintar

Prototip dari mobil ini sendiri sudah dibuat. Seperti yang diketahui, esensi dari teknologi mobil lipat ini adalah agar mobil di masa depan nantinya tidak terlalu makan tempat saat diparkir. Maka dari itu, Hikiro menghemat tempat dengan memasang mesin-mesin pentingnya seperti motor listrik, rem, dan semacamnya di dalam rodanya. Hikiro juga menggunakan baterai Lithium-ion, di mana baterai jenis ini umum dipakai di perangkat elektronik masa kini. Hikiro diklaim bisa mencapai jarak tempuh hingga 75 mil (120 km).

Perbandingan mobil

Kabar mengenai mobil listrik lipat ini pertama kali muncul saat peluncurannya yang bernama Hiriko Driving Mobility di Spanyol. Lalu berapa kocek yang harus dirogoh demi mendapat ini? Jawabnya adalah sekitar 16 ribu dolar, atau sekitar Rp. 140 juta. Cukup terjangkau rupanya.

Penasaran melihat mobil ini beraksi? Lihat video di bawah ini:

(via CNET)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda