Scroll to Top

Peluang Tim Tamu Meraih Angka Dalam Laga Tandang di IPL Lebih Besar daripada ISL

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 26 Jan 2012

Ketika menjadi tuan rumah, sebuah klub berupaya untuk mendapatkan poin maksimal. Entah menang 1-0, bahkan melalui titik putih sekalipun, kemenangan seolah harga mati.

Persija

Demikianlah yang menjadi tradisi di Indonesia bertahun-tahun lamanya. Klub-klub Liga Indonesia akan dengan mudah meraih 3 angka di kandang. Bahkan, sampai muncul isu bahwa di Indonesia, ada mafia wasit.

Hal ini didukung dengan fakta bahwa hingga musim lalu, klub tuan rumah bertanggungjawab untuk memfasilitasi perangkat pertandingan. Alhasil, gosip bahwa tuan rumah sudah bekerjasama dengan wasit, sulit untuk dielakkan. Lalu, bagaimana dengan musim ini?

Persentase Kemenangan Tim Tuan Rumah di ISL Lebih Besar

Ada dua liga yang digelar di Indonesia. Yang pertama, ISL yang melanjutkan amanat Kongres Bali. Yang kedua, IPL yang mendapat dukungan FIFA.

ISL, dengan klub yang berjumlah 18, sudah menggelar 73 pertandingan hingga Rabu, 25 Januari 2012. Dari jumlah pertandingan tersebut klub tuan rumah tercatat memenangkan laga 42 kali. Persentase kemenangan tim tuan rumah mencapai 57,53%.

Sementara itu, IPL hingga saat ini memainkan 33 laga. Dari jumlah tersebut, tuan rumah cuma mencatat hasil kemenangan 18 kali. Persentasenya 54,55%. Artinya, peluang tim tamu memetik 1 atau 3 angka di kandang lawan, lebih besar di IPL.

Peluang Tim Tamu Meraih Kemenangan di ISL Lebih Besar

Meskipun peluang tim tamu meraih poin di IPL lebih besar, bukan berarti mereka lebih banyak meraih 3 angka. Tim tamu di IPL hanya meraih 5 kemenangan atau sejajar dengan 15,15%. Artinya, tim tamu lebih banyak hanya mampu memaksakan hasil imbang.

Sebaliknya, dengan persentase raihan poin tandang yang lebih sedikit, tim tamu di ISL lebih mampu memperoleh kemenangan. Tercatat, 15 kali tim tamu di ISL berhasil meraih 3 angka. Persentasenya mencapai 20,55%.

Tim Terburuk dan Tim Terbaik di Kandang

  • Tim terburuk di kandang di ISL adalah PSAP Sigli yang kalah 3 kali dalam 4 pertandingan.
  • Sementara, tim terbaiknya adalah Persiwa dengan rekor lima kali menang dalam 5 laga kandang.
  • Di bawahnya ada Sriwijaya FC yang tanpa cela di 4 laga kandang.
  • Persipura memang memiliki rekor sama, memenangi 4 laga kandang. Namun mereka pernah sekali seri menghadapi Persiba Balikpapan di pekan pertama ISL sehingga persentase kemenangan kandangnya cuma 80%. Demikian pula Persiba Balikpapan (4 menang, 1 seri) dan Persib Bandung (4 menang, 1 seri).

Arema

  • Sementara itu, di IPL, tim terburuk di kandang adalah PSMS yang cuma menang sekali dan kalah 2 kali.
  • Tim terbaik di kandang adalah Persibo Bojonegoro dengan 3 kemenangan dalam 3 laga. Berikutnya, ada Arema, Persema, Persiba Bantul yang juga mencatat rekor 100% di laga kandang dalam 2 pertandingan.

Kemungkinan data ini masih bisa berubah mengingat kedua liga baru dimulai. Tim terbanyak bermain di ISL adalah Persipura, Sriwijaya FC, Persiwa, Mitra Kukar, Persib, dan Pelita Jaya (9 kali). Sementara, di IPL tim terbanyak bermain adalah Semen Padang dan Persija (7 laga).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda