Scroll to Top

Tim Caterham Resmi Perkenalkan CT01

By Rheza Fadhlillah / Published on Friday, 27 Jan 2012

Tim Formula Satu Caterham telah resmi memperlihatkan bagaimana bentuk mobil dengan code name CT01 yang akan mereka gunakan di musim 2012 nanti.

Caterham 2012 cars

Caterham mengeluarkan satu per satu gambar mobil hijau kuning mereka melalui F1 Magazine kepada pelanggan majalah tersebut yang kemudian disusul dengan pemunculannya di Twitter resmi Caterham pada hari Rabu 25 Januari atau sehari lebih cepat dari yang telah mereka jadwalkan.

Dari gambar dapat terlihat bahwa mobil yang mendapat dukungan mesin dari Renault tersebut memiliki desain unik dibagian hidung yang disebut-sebut mirip seperti hidung hewan Platypus. Kepala teknisi Mike Gascoyne menjelaskan hal tersebut merupakan adopsi dari peraturan baru di musim 2012 dan  desain hidung semacam ini dipercayai Mike akan juga dipakai oleh tim-tim lain.

Caterham CT01 nose“Karena kami adalah yang pertama, itu jelas akan memunculkan banyak perdebatan. Namun karena peraturan di musim 2012 saya rasa kalian mungkin akan melihat hidung seperti ini akan ada pada mayoritas mobil tahun ini”, terang Mike.

Hal berikutnya yang menjadi sorotan pada CT01 adalah penggunaan teknologi KERS. Tahun 2011 lalu Caterham tidak menggunakan teknologi ini sehingga mereka kesulitan untuk bertarung dengan tim-tim lain yang memiliki KERS baik pada sesi kualifikasi maupun sesi balapan.

“Memiliki KERS di mobil 2012 kami adalah langkah yang baik bagi kami. Kami mendapat kualifikasi terbaik kami di Brazil, dan melalui KERS kami mungkin saja melewati beberapa dari mereka. Jadi sekali lagi kami punya alasan untuk positif di musim 2012.”

Aerodinamis juga merupakan titik fokus pengembangan CT01 dalam menghadapi musim baru nanti. Mike mengakui keberadaan blown diffuser  tahun lalu sangat menyulitkan mereka, sehingga dengan resmi dilarangnya penggunaan alat tersebut, ada keuntungan yang didapatkan oleh Caterham. Meskipun begitu Caterham telah memiliki fitur lain yang akan mendongkrak sisi aerodinamis pada mobil mereka.

Berbagai fitur yang ditambahkan pada mobil CT01 tentunya dimaksudkan untuk membawa Caterham tampil lebih baik lagi di musim yang baru ini. Begitu pula yang diungkapkan Mike dalam menghadapi musim 2012.

“Setiap tim ingin bergerak naik dari grid dan kami tidak berbeda dengan mereka. Kami finis di posisi 10 dalam dua tahun terakhir yang merupakan target kami, tapi sekarang saya pikir ini waktunya kami bergerak maju. Mari kita lihat apa yang terjadi saat kami keluar lintasan.”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda