Scroll to Top

Inilah Klub-Klub Yang Lolos ke Semifinal Copa del Rey

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 27 Jan 2012

Sang juara bertahan Real Madrid, tumbang di perempat final Copa del Rey. Mereka ditaklukkan oleh lawan mereka di final musim lalu, Barcelona dengan agregat 4-3. Anda mengira tidak akan ada lagi pertandingan seru di Copa del Rey?

Jika Anda penggemar sepakbola Spanyol sejati, Anda pasti menikmati empat besar ini. Semifinal Copa del Rey diisi 3 klub besar dan satu tim kejutan yang luar biasa.

1. Mirandes

Mirandes

Ya, secara mengejutkan, Rabu lalu Mirandes menjadi klub pertama yang meraih tiket semifinal pertama. Anda tidak familier dengan nama ini? Maklum, Mirandes kini masih berkutat di Segunda Division B, atau kompetisi ketiga di La Liga. Hebatnya, dalam perjalanan ke semifinal, Mirandes menaklukkan klub-klub Primera Division.

Di 32 besar, mereka menggasak Villarreal, Kapal Selam Kuning yang tengah labil. Di babak berikutnya, Mirandes menikam Racing Santander. Dan terakhir, giliran Espanyol, saudara Barcelona yang nasibnya berkebalikan, yang sukses dihajar berkat produktivitas gol tandang.

Mirandes mencuatkan nama Pablo Infante dan Alain Arroyo sebagai pahlawan klub. Keduanya menjadi pencetak gol tersubur bagi klub mini ini. Khusus Infante, ia sementara menjadi top skorer Copa del Rey dengan 7 gol.

2. Athletic Bilbao

Athletic

Athletic Bilbao menjadi klub terbanyak kedua yang menguasai Copa del Rey. Mereka hanya kalah dari Barcelona. Melangkah ke semifinal adalah sebuah keharusan bagi pasukan Marcelo Bielsa. Maklum, mereka menghadapi lawan yang kurang berimbang.

Di babak 32 besar, lawan mereka hanyalah Real Oviedo, klub Segunda Division B. Babak berikutnya, lagi-lagi Fernando Llorente dkk. cuma mendapatkan Albacete, yang senasib dengan Oviedo, tampil di kasta ketiga.

Satu-satunya lawan paling berat Bilbao adalah Real Mallorca di perempat final lalu. Namun, Bilbao mulus melenggang dengan 2 kemenangan dan agregat 3-0. Yang unik, para pemain Athletic Bilbao rata-rata cuma bisa mencetak 1 gol. Top skorer pasukan San Mames adalah Ander Herrera yang seorang gelandang.

3. Barcelona

Barcelona

Tidak perlu dikupas lagi tentang Barcelona. Mereka berangkat ke semifinal dengan torehan 20 gol dalam 6 pertandingan. Lolosnya Barcelona ke empat besar juga menunjukkan keseriusan Pep Guardiola di ajang ini.

Mungkin saja ia memainkan kiper kedua, Jose Manuel Pinto, yang kadang membuat degup jantung fans klub Catalan berdebar ketakutan. Mungkin pula Pep memasukkan para remaja di ajang ini. Namun, Azulgrana tetaplah yang paling berpeluang menjuarai Copa del Rey dibandingkan klub-klub lain.

4. Valencia

Valencia

Klub inilah lawan Barcelona di semifinal. Mereka menyingkirkan Levante dengan agregat mencolok, 7-1. Dua kemenangan dengan selisih tiga gol, 4-1 di Mestalla dan 0-3 di Ciutat de Valencia, menunjukkan keperkasaan El Che dibandingkan sesama klub asal daerah Valencia.

Menghadapi Barcelona, Valencia siap memberikan kejutan khusus. Klub yang sudah meraih 7 gelar Copa del Rey ini bisa menengok sejarah empat musim lalu. Ketika itu Valencia sukses memboyong Piala Raja setelah membekap Getafe 3-1.

Berikut ini jadwal semifinal Copa del Rey

First Leg

  • Mirandes vs Athletic Bilbao (1 Februari 2012 pukul 04.00 WIB)
  • Valencia vs Barcelona (2 Februari 2012 pukul 03.00 WIB)

Second Leg

  • Athletic Bilbao vs Mirandes (8 Februari 2012 pukul 04.00 WIB)
  • Barcelona vs Valencia (9 Februari 2012 pukul 03.00 WIB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda