Scroll to Top

Rata-Rata, Hanya Segelintir Orang yang Jadi Teman Dekat di Facebook

By Ilham Choirul / Published on Friday, 27 Jan 2012

fesbuk

Banyak pengguna Facebook yang punya ribuan daftar teman, sebagian besar bukanlah orang-orang yang diketahuinya. Dia menerima permintaan pertemanan untuk sekadar menambah daftar itu. Dalam survey yang diikuti 1000 orang berusia 18-35 tahun yang dilakukan Macmillan Cancer Support, hanya beberapa teman di Facebook yang benar-benar dipercaya pemilik akun. Ada dua pertiga responden yang menyatakan demikian.

Teman-teman pilihan itu ditentukan berdasarkan seberapa dekat mereka dengan pemilik akun. Karena Facebook sering dipakai untuk mediasi bertukar pikiran —  bahkan untuk curhat — menjadikan pemilik akun benar-benar selektif dalam menentukan siapa saja yang berhak menerima aduan pribadinya. Mereka juga diharapkan mampu memberikan pendapat solutif dari permasalahan yang dicurhatkan pemilik akun.

Dalam survey itu, menurut rilis Times of India,  ada 16 persen pria dan 12 persen wanita yang melakukan seleksi untuk memilih teman yang bisa diandalkan. Sementara itu, 1 dari 8 responden sama sekali tidak percaya dengan orang yang ada di daftar pertemanan mereka untuk “dilantik” sebagai teman dekat.

Jeannie Wilkinson, seorang konselor Relate yang didanai oleh badan amal kanker mengatakan, ada pentingnya seseorang menentukan teman akrabnya sekali pun lewat jejaring sosial. Pasalnya, pada seseorang yang memerlukan perhatian khusus – semisal penderita kanker – keberadaan teman dekat dapat memberikan semangat hidup kepadanya.

“Anda dapat berbicara secara terbuka tentang apa yang sedang Anda alami untuk memastikan mendapatkan dukungan yang tepat, yang Anda butuhkan,” ujar Wilkinson, seperti dikutip Telegraph.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda