Scroll to Top

Lowongan Kerja Palsu Banyak Beredar di Internet

By Lina Simatupang / Published on Saturday, 28 Jan 2012

lowongan kerja terbaruBanyaknya pencari kerja yang memanfaatkan media online untuk mencari informasi kerja, tak luput dari sasaran orang tak bertanggung jawab. Penelusuran ke situs penyedia lowongan kerja gratis, ditemukan beberapa informasi lowongan kerja yang cukup mencurigakan.

Situs lowongan kerja semacam ini biasanya tidak melakukan pengecekan atas kebenaran informasi yang diterima. Sehingga orang iseng bisa saja memasang informasi lowongan palsu untuk keuntungan pribadi.

Percobaan yang dilakukan dengan mengontak pemasang iklan lowongan “Sekretaris BCA Cabang Surabaya” di salah satu situs lowongan kerja membuktikan dugaan ini. Sekilas, nomor telepon yang dicantumkan adalah nomor telpon selular, tidak dicantumkan alamat kantor secara jelas.

Informasi lowongan kerja tersebut mengaharuskan pelamar kerja untuk mengirimkan surat lamaran beserta riwayat hidup dan pas foto terbaru ke alamat email pribadi, namun setelah dihubungi, si pemasang iklan menolak untuk memberikan alamat kantor dengan alasan hanya menerima lamaran melalui email.

Salah satu penyedia lowongan kerja juga menyebutkan bahwa mereka memang tidak melakukan pengecekan terhadap identitas pemasang lowongan, dikarenakan kurangnya sumber daya manusia dan terbatasnya dana dari pihak penyelenggara. Mereka juga beralasan karena pemasangan informasi lowongan yang tidak dipungut biaya sehingga isi sepenuhnya diluar tanggung jawab mereka.

Para pencari kerja yang harus lebih berhati-hati dalam memilah informasi lowongan kerja yang diperoleh, pastikan informasi perusahaan pemberi kerja adalah resmi dan mencantumkan alamat sejelas mungkin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda