Scroll to Top

Persiba Bantul Pukul Persebaya di Kandang Bonekmania

By Aditya / Published on Saturday, 28 Jan 2012

Persebaya vs Persiba Bantul

Persiba Bantul sukses menggulingkan Persebaya Surabaya di hadapan ribuan Bonekmania yang memadati Stadion Gelora 10 November, Sabtu (28/1), sore tadi, dalam lanjutan Indonesia Premier League (IPL). Klub promosi asal Daerah Istimewa Yogyakarta itu berhasil mempermalukan Persebaya di kandangnya sendiri dengan skor 0-1.

Heroiknya, anak-anak Bantul mampu memukul tim Bajul Ijo hanya dengan 10 pemain setelah bek Persiba Bantul, Slamet Widodo, diusir wasit. Adalah Cornelis Kaimu yang menjadi pahlawan kemenangan Persiba Bantul di pertandingan itu. Uniknya lagi, penyerang bernomor punggung 39 ini merupakan mantan pemain Persebaya.

Persebaya sebenarnya bermain cukup agresif dan gencar melakukan serangan ke area pertahanan Persiba Bantul lewat tusukan-tusukan tajam yang dilancarkan Andik Vermansyah, Taufiq, ataupun Rendy Irwan.

Lini tengah dan belakang tim Bajul Ijo pun kerap turut menggempur lini belakang Persiba Bantul yang dikomandoi oleh kapten timnya Wahyu Wiji Astanto. Namun, kedisiplinan barisan pertahanan ditambah cemerlangnya penampilan kiper Persiba Bantul, Wahyu Tri Nugroho, membuat serbuan Persebaya seolah tak berarti.

Kornelis Kaimu
Kornelis Kaimu (No. 39) Merayakan Golnya ke Gawang Persebaya (Foto: Antara)

Pada menit ke-57, Persiba Bantul kehilangan salah seorang pemainnya ketika Slamet Widodo diganjar kartu kuning kedua yang berbuah kartu merah lantaran dianggap menyentuh bola dengan sengaja.

Unggul jumlah pemain, serangan Persebaya kian membabi-buta, namun gol yang ditunggu-tunggu oleh ribuan Bonekmania tak kunjung terjadi.

Petaka untuk Persebaya datang kurang dari 10 menit sebelum pertandingan usai. Pada menit ke-83, tendangan menyusur tanah dari kaki Kornelis Kaimu menembus gawang Persebaya yang dikawal Endra Prasetya.

Gol ini berawal dari kelengahan Persebaya yang asyik menyerang. Berawal dari tendangan winger Persiba Bantul, Slamet Nurcahyo, bola meluncur deras namun masih menerpa tiang gawang.

Beruntung, Kornelis Kaimu yang dalam posisi bebas segera meneruskan bola hasil pantulan itu dan terjadilah gol semata wayang dalam pertandingan ini. Skor 0-1 untuk kemenangan tim tamu, Persiba Bantul.

Dengan kemenangan tandang ini, Persiba Bantul yang diasuh M Basri merangsek ke posisi ke-3 klasemen sementara IPL. Sedangkan Persebaya harus rela turun ke peringkat ke-4 dengan selisih hanya 1 poin dari Persiba Bantul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda