Scroll to Top

Thailand Dukung Penuh Kebijakan Sensor Twitter

By Ibnu Azis / Published on Monday, 30 Jan 2012

Thailand dukung sensor twitter

Thailand akan menjadi negara pertama di dunia yang mendukung kebijakan sensor tweet oleh Twitter. Seperti apa?

TNW mengabarkan, jika negara ini menanggapi kebijakan terbaru Twitter secara positif. Apakah negara Gajah Putih tersebut yakin segala bentuk penghinaan terhadap pemerintahan akan surut?

Seperti dikabarkan SidomiNews sebelumnya, jika Twitter akan mengeluarkan sebuah kebijakan baru yang akan menyensor tweet tertentu di pelbagai negara-negara tertentu. Tweet tersebut akan tidak ditampilkan di linimasa.

Namun belum kebijakan ini diterapkan, Twitter telah menuai protes keras. Tweeps di pelbagai belahan dunia ramai menyerukan Twitter Blackout pada 28 Januari silam.

“Langkah ini kami sambut dengan baik. Kami akan segera menghubungi pihak Twitter untuk segera berkolaborasi,” tegas Jeerawan Booperm, Skretaris ICT Thailand.

Aksi Thailand dalam menanggapi kebijakan baru Twitter ini tidaklah mengherankan. Beberaa kali Thailand berusaha memerketat aktivitas media sosial rakyatnya di internet.

Dan bahkan pemerintah Thailand pernah mengirimkan surat teguran langsung pada Yotube menanggapi gaduh media sosial di negaranya yang cendurung kontra pemerintah.

“Kami menerima dua permintaan khusus dari Departemen Informasi, Komunikasi, dan Teknologi di Thailand untuk menghapus 225 video YouTube yang mereka anggap menghina monarki dan melanggar hukum kejahatan kenegaraan Thailand. Kami membatasi pengguna mengakses Thailand dari 90% dari video,” tegas salah satu petinggi Yotube.

Lantas bagaimana dengan Indonesia, apakah pemerinyah akan pro dengan kebijakan Twitter? Kita tunggu perkembangan berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda