Scroll to Top

Valencia vs Barcelona Ulangan Semifinal Liga Champions Musim 1999/2000

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 31 Jan 2012

Pertemuan Valencia vs Barcelona di Copa del Rey Kamis mendatang mungkin akan membuat degup jantung pendukung kedua kubu tak menentu. Pendukung Azulgrana menatap kemenangan pertama dalam tiga laga terakhir. Sementara, Valencia cuma menang 3 kali dalam 8 laga di bulan Januari.

Valencia

Valencia yang bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu, terlihat lebih was-was. Semua elemen Los Che bahkan berpendapat, inilah final Copa del Rey sesungguhnya bagi klub mereka. Pasalnya, jika sukses menumbangkan Barcelona, Valencia cuma akan menghadapi Athletic Bilbao atau Mirandes, dua klub yang lebih seimbang dihadapi.

Baru-baru ini, demi menyuntikkan moral kepada pemain, Valencia merilis video keberhasilan mereka di semifinal Liga Champions musim 1999/2000. Ya, kebetulan duel 11 tahun lalu dan laga kali ini sama-sama bertajuk empat besar.

Kala itu, Valencia yang diasuh oleh Hector Cuper, menjadi klub kejutan paling spektakuler di Eropa. Betapa tidak? Valencia menyikat Lazio di babak delapan besar dengan agregat 5-3. Saat duel berlangsung di Mestalla, Claudio Lopez dkk. menggulung Biancocelesti 5-2.

Nah, di laga semifinal, Valencia bersua dengan Barcelona. Kala itu, peluang El Clasico terjadi di final Liga Champions cukup besar. Namun, Valencia membalikkan semua ramalan. Di kandang sendiri dan di leg pertama, sama seperti kasus semifinal Copa del Rey, Sang Kelelawar menggasak Barcelona.

4-1. Ya, skor telak itulah yang terukir 11 tahun lalu. Miguel Angel Angulo (2 gol), Gaizka Mendieta, dan Claudio Lopez mengoyak gawang Barcelona.

Di leg kedua, Barcelona seperti terlalu berat menanggung beban. Mereka bahkan tertinggal 0-1 dahulu sebelum menang tipis 2-1 berkat gol Phillip Cocu di menit 92. Alhasil, Valencia lolos ke final dengan agregat 5-3.

Musim itu sendiri, juga begitu indah bagi Valencia urusan bertemu dengan klub Catalan. Mengingat, di La Liga, mereka juga mampu membekap Barcelona dengan skor 3-1.

Kali ini, apakah Valencia sukses mengulang memori 11 tahun lalu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda