Scroll to Top

Barcelona Empat Kali Kehilangan Angka di Babak Kedua

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 01 Feb 2012

Musim ini, Barcelona tampil di bawah performa terbaik dalam laga tandang di La Liga. Mereka mudah kehilangan konsentrasi menciptakan peluang emas meski menguasai ball possession di atas 60%.

Semangat anti Barcelona yang dicetuskan klub-klub La Liga terbukti efektif untuk memompa semangat lawan dalam 90 menit. Tercatat empat kali Barcelona kehilangan angka di babak kedua. Tiga di antaranya terjadi di laga tandang.

Barcelona Lionel Messi

Kecelakaan babak kedua di pertandingan tandang diawali oleh laga menghadapi Real Sociedad di laga kedua La Liga. Barcelona unggul cepat 0-2 hanya dalam 11 menit setelah kick-off. Xavi Hernandez dan Cesc Fabregas bergantian membobol gawang tuan rumah. Namun, babak kedua berubah menyeramkan. Dukungan publik Anoeta membuat Imanol Agirretxe Goal dan Antoine Griezmann menyamakan kedudukan dalam dua menit (’59 dan ’60). Barcelona akhirnya cuma bisa bermain imbang 2-2.

Kejadian agak berbeda berlangsung di pekan 9 (atau pertandingan kedelapan). Menghadapi Sevilla di kandang sendiri, Barcelona terbentur keperkasaan Javi Varas. Peluang emas datang lewat penalti di ujung pertandingan. Namun, Lionel Messi gagal mengeksekusi meski tampil di Camp Nou. Sejak titik inilah Barcelona mulai kalah bersaing dengan Real Madrid.

Pada pekan 14, Getafe menjadi tim pertama yang mampu mengalahkan Barcelona dalam tujuh bulan terakhir. Gol semata wayang itu terjadi pada menit 68 lewat aksi Juan Valera.

Pekan 18, kelengahan babak kedua kembali menggerayangi Barcelona dalam laga derby menghadapi Espanyol. Lionel Messi gagal menyingkirkan kutukan Cornella El-Prat, stadion baru yang belum permah dikoyak gawangnya. Malah, Azulgrana yang sudah unggul 0-1 lewat Cesc Fabregas di menit 16, mesti gigit jari. Ketika pertandingan kurang lima menit, Alvaro Vazquez membungkam tim tamu. Skor akhir 1-1.

Di luar empat hasil buruk karena kecelakaan babak kedua ini, Barcelona sudah menuai tiga hasil seri lain, yaitu melawan Valencia (2-2), Athletic Bilbao (2-2) dan Villarreal (0-0).

Dalam dua pertandingan yang disebut pertama, uniknya Barcelona justru beruntung berkat gol babak kedua.  Ya, pada laga menghadapi Valencia, Cesc Fabregas menjadi penyelamat di menit 77. Sebelumnya, di babak pertama skor 2-1 untuk tuan rumah.

Sementara, laga menghadapi Athletic Bilbao, bahkan lebih ekstrem lagi. Butuh gol menit terakhir dari Lionel Messi untuk membawa satu angka dari San Mames.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda