Scroll to Top

Facebook Valentine Theme Gratis Mengandung Malware

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 02 Feb 2012

Facebook Valentine Theme MalwareAktivitas clickjacking yang merupakan salah satu kejahatan cyber crime akhir-akhir ini telah memakai modus baru. Trend Micro mengindikasinya pada iming-iming theme Facebook gratis tentang valentine.

Trend Micro sebuah perusahaan anti virus kenamaan menulis di laman blog-nya, serangan ini terindikasi ketika munculnya sebuah posting mencurigakan di wall salah satu pengguna Facebook.

Postingan ini mengajak pengguna Facebook untuk menklik tautan yang menawarkan theme gratis Facebook tentang valentine.

Jika pengguna tersebut menklik tautan ini, maka akan secara otomatis malware akan diunduh dan diinstal. Trend Micro menduga malware tersebut berjenis TROJ_FOOKBACE.A.

Bagi pengguna Chrome dan Firefox, malware tersebut akan mengarahkan ke laman instalasi Facebook Environment/Facebook.com. Tab baru akan muncul di sebelah kanan atas laman Facebook pengguna.

Kemudian jika aplikasi telah terinstal, maka akan mengarahkan pengguna Facebook pada sebuah laman survei yang mewajibkan input nomor ponsel. Pengguna Internet Explore tak perlu menginstal aplikasi ini. Namun mereka langsung diarahkan ke laman survei.

Trend Micro sendiri menghimbau bagi pengguna Facebook untuk semakin berhati-hati dan tidak terjebak pada sebuah postingan atau tautan yang menawarkan hadiah serta gambar yang menggiurkan.

Belum lama ini juga beredar sebuah penipuan via email yang mencatut nama Mark Zuckerberg secara langsung lewat iming-iming bagi-bagi iPad 3 gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda