Scroll to Top

Zynga Sumbang 12 Persen Pendapatan Total Facebook

By Ibnu Azis / Published on Thursday, 02 Feb 2012

Facebook Zynga

Tak hanya populer sebagai permainan paling banyak penggunanya di Facebook, Zynga ternyata juga sangat berarti bagi pundi-pundi pemasukan Mark Zuckerberg dkk. Seperti apa?

Menurut laporan LA Times, Zynga telah menyumbang setidaknya 12 persen dari total pendapatan Facebook. Data ini diambil dari personal letter Facebook sebelum jejaring sosial tersebut meluncurkan saham perdana.

Pada bulan November 2011, Zynga telah mampu menarik 200 juta pengguna Facebook untuk bermain Mafia Wars, City Ville, serta Farm Ville.

Tak hanya mampu menarik pengguna Facebook, Zynga dikabarkan mampu meraup keuntungan yang berujung pada laba Facebook sebesar USD 444 juta dari total pendapatan sebesar USD 3.7 miliar.

“Pendapatan Facebook 88 % berasal dari iklan. Dan sisanya datang dari Zynga. Setidaknya 12 % total pendapatan Facebook berasal dari pengembang game sosial tersebut,” salah satu kalimat dalam personal letter tersebut yang dikutip LA Times.

Salah seorang pekerja Facebook mengatakan, jika Zynga adalah asset berharga bagi Facebook. Ia tak dapat membayangkan. Jika Zynga lepas, mungkin keuangan Facebook bakal berantakan. Itulah mengapa Facebook seakan terus mencoba menjalin kerjasama dengan Zynga.

Melihat gelagat ini, Zynga nampaknya tak ingin menjadi ‘sapi perah’ Facebook. Perusahaan game sosial ini berupaya untuk mengembangkan bisnis diluar jejaring sosial semilyar umat tersebut.

Zynga mengatakan, salah satu alasan mereka sebab Facebook menerapkan pungli sebesar 30 % dari tiap penjualan produk virtual yang ada di aplikasi Facebook. Termasuk Zynga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda