Scroll to Top

Inilah Video Yel-Yel Ujian Mental Barcelona dan Real Madrid di El Clasico

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 03 Feb 2012

Anda pernah membayangkan berada di antara pendukung Barcelona di Camp Nou saat El Clasico? Pernah berkhayal pula menjadi Madridistas ketika Barcelona hadir ke Santiago Bernabeu? Atmosfer panas pasti diciptakan untuk membuat mental lawan jatuh dan permainan mereka hancur berantakan.

Cules Camp Nou

Hal ini pernah dirasakan oleh Samuel Eto’o. Penyerang yang dibuang Real Madrid ke Real Mallorca pada tahun 2000 ini sempat mendapatkan intimidasi mental di Santiago Bernabeu.

Kala itu, pada musim 2007/2008, Samuel Etoo yang berkostum Barcelona harus mendengarkan yel-yel Madridistas, “Eto’o cabron, saluda al campeon!” (Eto’o **** salut untuk sang juara!). Jika diartikan secara harafiah cabron berarti kambing jantan. Namun, kata ini sudah sering dipakai sehari-hari untuk makian umum kepada seseorang.

Wajar Madridistas kala itu meneriakkan yel-yel di atas. Etoo yang berkostum Barcelona, dianggap sebagai pengkhianat yang gagal mengudeta Real Madrid. Ya, musim 2007/2008, Real Madridlah yang menjuarai La Liga. Apalagi dalam laga 7 Mei 2008, Los Blancos mencukur Barcelona 4-1. Yel-yel ini adalah curahan kepuasan Madridistas.

Selang setahun, keadaan sama sekali berubah. Barcelona yang diasuh Pep Guardiola, menjuara La Liga. Hebatnya, mereka membalikkan posisi musim lalu. Kalau di musim 2007/2008 Real Madrid selalu menang, musim 2008/2009, Barcelona yang berhasil memetik 3 poin baik di laga kandang maupun di laga tandang.

Dalam pesta perayaan kesuksesan Barcelona yang digelar di Camp Nou, Etoo pun mengajarkan yel-yel baru untuk para penggemar Barcelona. Ia membalik kalimat yang disodorkan Madridistas setahun lalu dengan berkata, “Madrid cabron, saluda campeon!”

Musim 2010/2011, fans Barcelona pun menerapkan ajaran Eto’o itu. Dalam kemenangan besar 5-0 atas Real Madrid di Camp Nou, yel-yel “Madrid cabron, saluda al campeon!” menggema di seluruh stadion.

Tampilan video berikut ini bukan bermaksud untuk memanaskan persaingan antara Madridistas dengan penggemar Barcelona. Sebagai fans, adalah hal yang benar kala kita meneriakkan yel-yel pemompa semangat tim yang kita bela mati-matian.

Bayangkan Anda berada di salah satu stadion, berbaur dengan seluruh penonton meneriakkan yel-yel tadi. Jika Anda penggemar sepakbola sejati, Anda pasti merasakan atmosfer luar biasa: luapan ekspresi yang membara, dan semangat satu hati mendukung klub kebanggaan hingga titik darah penghabisan. Sebuah hal yang tak bisa dilihat dari layar televisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda