Scroll to Top

Berbagai Hal Unik di Bromo

By C Novita / Published on Friday, 03 Feb 2012

Bromo

Selama ini, kawasan gunung Bromo telah menjadi lokasi wisata andalan bagi propinsi Jawa Timur. Namun, kebanyakan wisatawan hanya mengenal Bromo karena lautan pasirnya saja.

Padahal ada berbagai hal unik dan menarik lainnya, yang bisa ditemukan di gunung Bromo. Pastinya tentu tidak kalah menarik dengan lautan pasir.

  • Upacara Kasodo

Ini adalah upacara yang diadakan oleh warga Tengger sekitar Bromo setahun sekali. Pusatnya adalah di sebuah pura yang terletak di kaki gunung Bromo utara.

Waktu pelaksanaannya sekitar tanggal 14-15 setiap bulan kesepuluh (kasodo) almanak Jawa. Biasanya masyarakat akan melempar sesaji ke kawah Bromo, sebagai sesaji untuk arwah dewa mereka.

  • Upacara Karo

Karo adalah ritual dimana masyarakat desa di kaki gunung Bromo, desa Ngadisari, mengadakan upacara hari lahirnya jagad, atau dunia. Dalam upacara Karo, diadakan juga upacara tekaning ping pitu, yaitu memanggil arwah leluhur agar pulang ke rumah.

Saat Karo, yang mirip dengan lebaran, semua pintu rumah penduduk terbuka bagi tetamu, dan hidangan akan ditawarkan bagi siapa saja yang mampir.

  • Bunga Abadi Edelweis

Bunga yang nama latinnya Anaphalis javanica ini adalah salah satu keunikan Bromo. Ia hanya tumbuh di daerah pegunungan tinggi, dan tidak layu atau busuk walau disimpan dalam waktu lama.

Karena banyak pendaki yang mengambil dan menjadikan bunga edelweis sebagai suvenir, maka saat ini bunga edelweis masuk dalam tanaman yang dilindungi dan terlarang untuk dipetik sembarangan.

  • Sunrise

Ini merupakan hal yang paling menarik di Bromo. Brosur-brosur promosi pariwisata luar negri bahkan menyebutkan bahwa sunrise di Bromo merupakan salah satu dari 3 yang terbaik di dunia.

Untuk menyaksikannya, tentu saja Anda harus sudah berada di sana pada waktu subuh, sebelum matahari terbit. Dan pemandangan alam terindah itu akan menjadikan Anda lupa pada betapa dinginnya lokasi tersebut.

 

Dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda