Scroll to Top

Lawan Barcelona Terkena 7 Kartu Merah, Lawan Real Madrid 6

By Fitra Firdaus / Published on Saturday, 04 Feb 2012

Kekuatan sebuah klub layak diukur dari sejauh mana pemain lawan berupaya atau diinstruksikan untuk menjatuhkan pemain mereka. Semakin ditakuti dan semakin besar peluang mencetak gol, semakin besar pula kemungkinan tim lawan memotong kaki demi menghentikan pergerakan para pemain kunci sebuah tim.

Kartu Merah Barcelona vs Real Betis 4-2

Hal ini bisa dilihat dari jumlah kartu merah yang diterima oleh lawan-lawan dua musuh bebuyutan, Real Madrid dan Barcelona. Sudah ada 7 kartu merah untuk lawan-lawan Barcelona di La Liga, dan 6 pengusiran wasit kepada musuh Real Madrid di kompetisi yang sama.

Jordi Alba dari Valencia menjadi pemain pertama yang diusir dari lapangan kala timnya bergelut dengan El Barca di Mestalla. Namun, Barcelona tak mendapatkan keuntungan apa pun dari kartu merah ini karena bek masa depan Spanyol diusir di injury time karena komentar pedasnya kepada wasit.

Kartu merah berikutnya bagi lawan Barcelona datang pada laga kontra Sevilla. Tak tanggung-tanggung, dua pemain Sevilla dikeluarkan wasit dalam laga ini. Yaitu, Frederic Kanoute dan Fernando Navarro. Waktunya pun mirip, di ujung-ujung laga. Pertandingan ini diwarnai kegagalan Messi mengeksekusi penalti.

Laga pasca menghadapi Sevilla, kembali dua pemain lawan diberi kartu merah. Menghadapi Granada di Los Carmenes, Barcelona semestinya diuntungkan dengan pengusiran Jaime Romero di menit 53. Namun, Barcelona yang sudah unggul 0-1 sejak menit 33 tidak bisa menambah gol. Di ujung pertandingan, satu pemain Granada. Dani Benitez menerima perintah keluar.

Kebiasaan pemain lawan untuk menerima kartu merah di ujung laga kembali berulang dalam duel Barcelona ke San Mames, berhadapan dengan Athletic Bilbao. Fernando Amorebieta menerima kartu merah di menit 90+1. Skor akhir laga tersebut 2-2 berkat gol Lionel Messi di injury time.

Lawan terakhir yang diberi kartu merah adalah pemain Real Betis, Pedro Mario Alvarez. Ia menerima pengusiran wasit ketika laga berjalan imbang 2-2. Lebih unggul jumlah pemain, Barcelona sukses membekap juara Segunda Division musim lalu dengan skor 4-2.

Hanya dua dari 7 kartu merah yang diterima lawan Barcelona di waktu normal. 5 sisanya terjadi di injury time. Dibandingkan dengan Barcelona, Real Madrid memang lebih sedikit memeroleh kartu merah. Namun, keuntungan yang didapatkan Los Blancos atas pengusiran pemain lawan dari lapangan, jauh lebih besar.

Kartu merah pertama untuk lawan Real Madrid terjadi dalam laga menghadapi Osasuna di Santiago Bernabeu di pekan 12. Eneko Satrustegui diusir wasit plus membuat timnya terhukum penalti dalam keadaan Real Madrid unggul 3-1. Akhirnya, Los Blancos membabat Osasuna 7-1. Penalti Ronaldo atas pelanggaran Satrustegui di menit 54 pun berjalan mulus.

Pekan 14, giliran Atletico Madrid yang terkena jatah kartu merah. Kiper Thibaut Courtois diperintahkan keluar di menit 22 dalam keadaan Atletico unggul 0-1. CR7 sukses mencetak gol pembuka melalui titik putih. Penderitaan Atletico bertambah ketika Diego Godin menerima kartu merah langsung di menit 81. Lagi-lagi, Los Blancos mendapatkan penalti, dan skor akhir 4-1 untuk Real Madrid yang menghadapi 9 pemain Atletico.

Pekan berikutnya, pemain Sporting Gijon, Sebastian Eguren, menerima perintah keluar lapangan di menit 80 setelah menerima dua kartu kuning. Real Madrid yang sudah unggul 0-2, menambah sebiji gol lagi setelah pengusiran Eguren.

Kartu merah kelima untuk lawan hadir ketika Sevilla menjamu Real Madrid. Manu del Moral menerima kartu merah langsung di menit 74 ketika skor 1-4 untuk keunggulan Los Blancos. Madrid bisa menambah dua gol lagi di 15 menit akhir pertandingan untuk kemenangan besar 2-6.

Penalti Real Madrid vs Athletic Bilbao 4-1

Kartu merah berikutnya, hadir dalam duel menghadapi Athletic Bilbao. Oscar de Marcos menerima kartu merah di menit 66 setelah melanggar Ozil di kotak terlarang. Kala itu, kedudukan 2-1 untuk Real Madrid. Lagi-lagi Ronaldo lancar mengeksekusi penalti, dan Los Blancos akhirnya menang 4-1.

Yang unik, meski jumlah kartu merah untuk lawan Real Madrid lebih sedikit, grafik menyatakan sebaliknya. 6 kartu merah untuk lawan Real Madrid, terjadi dalam 10 pertandingan terakhir. Sementara, dalam interval waktu yang sama, cuma 2 kartu merah yang disodorkan untuk musuh-musuh Barcelona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda