Scroll to Top

Dianggap Menyesatkan, Iklan Anti Aging L’Oreal Dilarang Edar

By C Novita / Published on Sunday, 05 Feb 2012

Iklan L'Oreal dilarang edarSebuah iklan produk anti aging dari L’Oreal yang menampilkan Rachel Weisz, artis berusia 41 tahun, dilarang edar. Iklan tersebut menampilkan foto close-up wajah Rachel Weisz yang nampak sangat mulus dan muda tanpa kerut sama sekali.

Walhasil, Advertising Standards Authority (ASA), sebuah lembaga pengawas iklan di Inggris akhirnya mengumumkan melarang iklan tersebut tayang di majalah.

Iklan tersebut merupakan promosi dari produk anti aging L’Oreal Revitalift Repair 10 di majalah. Dianggap menyesatkan konsumen karena, sangat nampak bagaimana iklan itu merekayasa foto Rachel dengan photoshop dan airbrush.

Iklan tersebut juga dianggap melebih-lebihkan efek pemakaian produk.

Tentu saja keputusan tersebut adalah tepat dan disambut baik oleh aktivis Lib Dem MP Jo Swinson, yang berkampanye untuk menentang penggunaan airbrushing dan foto yang tidak realistis dalam iklan kecantikan.

“Kecantikan dan iklan dari industri harus berhenti mengibuli konsumen dengan gambar tidak jujur”, tukasnya seperti dikutip dari Dailymail (01/02/12).

Iklan L’Oreal ini bukan iklan kecantikan pertama yang dilarang edar di Inggris. Sebelumnya ada iklan dari Olay anti aging yang dilarang edar tahun 2009.

Juga sebuah iklan dengan model Julia Roberts yang mempromosikan produk L’Oreal pun pernah dilarang edar karena dianggap menyesatkan konsumen.

Konsumen pun diharap tidak terlalu percaya mentah-mentah pada yang nampak di iklan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda