Scroll to Top

Josep Guardiola Menyetarai Rekor Kemenangan Frank Rijkaard

By Fitra Firdaus / Published on Sunday, 05 Feb 2012

Rekor demi rekor terus dipatahkan Barcelona era Pep Guardiola. Setelah masa-masa tidak menyenangkan dalam tiga laga imbang berturut-turut, akhirnya Barcelona kembali meraih kemenangan. Memang di luar kebiasaan, cuma 2-1 atas Real Sociedad. Namun hal ini cukup mengukir sejarah tersendiri.

Josep Guardiola

Saat ini, rekor kemenangan Pep Guardiola setara dengan pelatih Barcelona sebelumnya, Frank Rijkaard. Kedua pelatih ini sama-sama mengoleksi 160 kemenangan. Perbedaannya, tentu jumlah waktu yangdibutuhkan. Rijkaard mendapatkan angka 160 dalam lima tahun sedangkan Pep baru 3,5 tahun.

Selain itu, Guardiola unggul dalam persentase kemenangan. Sepanjang lima tahun tersebut, Rijkaard memperoleh 160 kemenangan, 63 kali hasil imbang, dan 50 kekalahan.

Sebaliknya, dalam keadaan masih melatih, Pep Guardiola sudah mencapai 160 kali kemenangan, 44 hasil imbang, dan 18 kali kekalahan.

Artinya, peluang menambah puluhan kemenangan sangat terbuka lebar. Target berikutnya, adalah menyalip sang pelatih legendaris Johan Cruyff pemberi gelar Liga Champions pertama untuk Barcelona. Cruyff memperoleh 250 kemenangan dari 430 pertandingan.

Lagi-lagi, dengan jumlah pertandingan yang baru 222 laga, sebenarnya Pep sudah unggul persentase. Barcelona berpeluang menang 72,07% di tangannya. Sementara Cruyff cuma meraih 58,14% kemenangan dari jumlah pertandingan yang dimainkan.

Satu-satunya masalah bagi Pep adalah, sampai kapan Barcelona di tangannya bisa tetap stabil meraih kemenangan demi kemenangan. Musim ini adalah yang tersulit bagi Guardiola. Sementara, Sandro Rosell sendiri sempat menyatakan, siklus keberhasilan sebuah tim sehebat apa pun dalam ramuan seorang pelatih, hanyalah 5 tahun. Barcelona berada di tahun keempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda