Scroll to Top

Ade Namnung Lebih Dekat Dengan Ramon Papana Daripada Ibunya Sendiri

By Ika / Published on Monday, 06 Feb 2012

Semasa Ade Namnung masih hidup, hampir semua orang mengenal Ramon Papana sebagai ayah Ade. Namun setelah Ade meninggal dunia, barulah masyarakat tahu siapa Ramon sebenarnya.

Keluarga Ade Namnung sendiri merasa kecewa karena Ramon menyebut dirinya sebagai ayah Ade. Mereka berkata bahwa Ramon tidak punya hak untuk mengaku-ngaku sebagai ayah. Hal ini rupanya membuat Ramon sedih, karena dirinya merasa pantas mendapatkan sebutan itu.

Ramon Papana saat jumpa pers

“Dia (Ade) selama 21 tahun hidup dengan saya. Selama 21 tahun dia memanggil saya papa, tidur makan sama saya. Jadi sakit hati sekali kalau saya dibilang tidak berhak menjadi papanya Ade Namnung,” kata Ramon. “Saya malah bilang, kalian (keluarga Ade) kemana aja selama 21 tahun ini. Apa enggak salah?”

Ramon mengakui bahwa ia sangat dekat dengan Ade Namnung, bahkan Ade lebih dekat dengan dirinya daripada dengan Hariningsih, ibu Ade.  Saking dekatnya, keluarga Ade sempat menuduh Ramon sebagai pacar sejenis Ade.

“Mereka (keluarga Ade) sempat bilang begitu. Saya menyayangi Namnung seperti anak-anak saya yang lain. Dia sudah seperti keluarga sendiri,” kata Ramon.

Ramon pun bercerita tentang pertemuannya dengan Ade. Saat itu Ramon punya sanggar, Ade yang baru berumur belasan tahun itu datang dan tinggal di sana sekaligus belajar.

“Tiba-tiba saja dia datang, karena dulu saya sedang mengelola Lenong Rumpi, mengelola program komedi dan ada sanggar tempat latihan,” kata Ramon. “Dia kerja bantu-bantu. Dia enggak mau pulang dan mau tinggal sama saya di sanggar, ya saya persilahkan.”

Ramon lalu mengungkapkan bahwa Ade adalah sosok pemalu. Bila anak-anak di sanggar ingin jadi bintang bahkan sudah main teater, Ade malah hanya ingin jadi orang di belakang layar. Namun akhirnya Ade berani juga tampil di depan umum sekitar tahun 2000 silam.

“Waktu itu ada acara di Komedi Kafe di Pasar Festival Kuningan. Dia tampil sama Reza Bukan dan Farid. Itu pertamakali dia tampil,” kata Ramon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda