Scroll to Top

Apakah ini Masa Depan Teknologi Layar Sentuh?

By Ibnu Azis / Published on Monday, 06 Feb 2012

A Day Made of Glass

Pabrikan Gorilla Glass, Corning, telah merilis sebuah video sebagai tindak lanjut video mereka di Youtube tahun lalu. Video yang bertajuk ‘A Day Made of Glass’ ini menyajikan tampilan teknologi layar sentuh masa depan yang akan didominasi oleh touchscreen kaca atau glass touchscreen interfaces. Dan teknologi ini akan digunakan di seluruh aktivitas manusia mulai di rumah, kendaraan, sekolah, hingga rumah sakit.

Corning meluncurkan dua video  ‘A Day Made of Glass 2’ tanpa narator dan lainnya dengan narator. Video ini menceritakan kehidupan Amy dan keluarganya dalam keseharian mereka menggunakan pelbagai produk yang terbuat dari kaca. Seperti menelepon dari ponsel tipis kaca, mengatur suhu mobil menggunakan komputer yang berlayar datar super tipis dari kaca, atau membaca majalah digital melalui tablet kaca.

Video sebelumnya yang dirilis tahun lalu, juga mengisahkan keluarga yang sama dan mampu menarik 17 juta penayangan di Youtube. Video ini mengundang decak kagum serta meninggalkan komentar pujian atas interpretasi Corning dari apa yang mungkin dilakukan di masa depan dengan kaca fotovoltaik, kaca LCD TV, tampilan arsitektur dan kaca permukaan, dan lain sebagainya.

Namun tak sedikit komentar miring di YouTube yang memertanyakan apakah teknologi tersebut bakal mampu diterapkan di masa depan dengan ekosistem teknologi yang ada serta apakah ramah kantong?

Pabrikan Corning sendiri mengatakan pada prees jika Gorilla Glass screening menghadapi beberapa hambatan pada tahun ini. Mereka mengalami keanjlokan harga LCD, laba yang menurun jika dibandingkan dengan pajak yang dibayar, dan kondisi ini mengakibatkan penurunan profitabilitas Corning.

Meskipun kaca LCD angka penjualan cenderung datar hingga tahun 2014, namun perusahaan tersebut tetap mampu menghasilkan laba dalam jumlah besar. Pekan lalu, Corning mengumumkan bahwa mereka meraup rekor penjualan hingga USD 7.9 miliar dan berencana untuk meningkatkan keuntungan usaha hingga USD 10 milyar pada tahun 2014.

Perusahaan ini baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka telah bergabung dengan Samsung Mobile untuk memproduksi Kaca Lotus untuk Samsung Galaxy dan Super TV OLED.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda