Scroll to Top

Real Zaragoza Sudah di Peringkat Terbawah, Siap Dilikuidasi Pula

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 07 Feb 2012

Memori pahit musim 2007/2008 kini menghantui Real Zaragoza. Musim tersebut, setelah enam tahun bertahan di Primera Division, Zaragoza lengser ke kasta Segunda Division. Padahal, mereka mengumpulkan 42 poin. Jumlah angka yang secara umum akan meloloskan sebuah tim dari degradasi.

Real Zaragoza

Musim ini jauh lebih buruk. 21 kali berlaga, Blanquillos cuma mengemas 2 kali kemenangan, 6 hasil imbang, dan 13 kekalahan. 12 poin yang didapatkan membuat rata-rata perolehan angka Zaragoza cuma 0,57 angka/pertandingan. Kalau dengan rerata 1,11 angka/laga saja mereka terdegradasi, apalagi saat ini.

Torehan Zaragoza yang mencatat 12 poin dalam 21 laga ini termasuk yang terburuk dalam sejarah La Liga. Cuma ada dua tim yang nasibnya lebih mengerikan daripada Zaragoza saat ini. Mereka adalah Xerez yang memiliki 11 poin dalam 21 laga pada musim 2009/2010 dan Sporting Gijon pada musim 1997/1998.

Kondisi keuangan Zaragoza pun begitu buruk. Mereka terendam utang yang mencapai sekitar 92 juta euro. Utang yang berlarut-larut sejak awal kompetisi ini mengancam keberadaan Zaragoza. Jika tak mampu membayar cicilan utang ini, bukan tidak mungkin Zaragoza dilikuidasi.

Satu-satunya jalan adalah menjual beberapa pemain pilar. Yang paling santer dijual adalah bek Ivan Obradovic (Serbia). Pemain kelahiran 1988 ini, menurut Marca, menjadi yang paling berpeluang memberikan dana segar untuk klub.

Sebenarnya, bukan Zaragoza saja yang mengalami krisis keuangan. Namun, dilihat dari posisi di klasemen, peluang klub lain bertahan di Primera Division masih lebih besar. Sporting Gijon, peringkat 19 dengan 19 angka, cuma berbeda 3-6 poin dengan mereka yang duduk di peringkat 12. Cuma Blanquillos yang paling berpotensi terkirim ke Segunda Division; sekaligus kehilangan berbagai mata pencaharian klub.

(Marca/Wikipedia)

Sumber foto: realzaragoza.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda