Scroll to Top

PSSI Akan Hapus Hak Suara Pengurus Provinsi

By Aditya / Published on Tuesday, 07 Feb 2012

Saleh Mukadar

PSSI kembali melempar wacana yang mungkin akan menjadi kontroversi. Pengurus PSSI di bawah kepemimpinan Djohar Arifin Husin berencana akan menghapus hak suara Pengurus Provinsi (Pengprov) PSSI sebagai anggota resmi yang memiliki hak suara sah di Kongres PSSI. Apakah ini merupakan upaya PSSI untuk meredam gejolak yang datang dari bawah?

Menurut Saleh Mukadar, Deputi Sekretaris Jenderal Bidang Kompetisi PSSI, rencana penghapusan hak suara Pengprov harus dilakukan karena dirasa tidak fungsional. Basis sepakbola di Indonesia, lanjutnya, adalah klub dan bukan Pengprov, sehingga peran Pengprov sebenarnya tidak boleh terlalu ikut campur terlalu jauh dalam persoalan hak suara yang berhak berpartisipasi dalam Kongres PSSI.

“Yang boleh memiliki hak suara di dalam Kongres PSSI adalah klub yang rajin melakukan pembinaan. Sangat tidak adil jika Pengprov yang tidak memiliki kinerja apa-apa, tetap memiliki suara. Padahal, yang bekerja keras membangun sepakbola adalah klub,” tukas Saleh Mukadar, seperti yang dikutip dari BolaNet, Selasa (7/2).

Kendati tidak menjelaskan secara rinci, Saleh Mukadar mencomot salah satu butir dalam statuta PSSI bahwa klub adalah anggota resmi PSSI, bukannya Pengprov. Oleh karena itu, petinggi klub Persebaya 1927 (Persebaya IPL) itu dengan tegas menyatakan hak suara Pengprov harus dicabut.

”Dalam statuta juga sangat jelas disebutkan bahwa anggota resmi PSSI adalah klub dan bukan Pengprov, sehingga jika hak Pengprov tidak dicabut, maka ketidakadilan terus berjalan. Semoga, dalam Kongres PSSI pada 18 Maret 2012 mendatang, disepakati untuk menghapuskan hak Pengprov sebagai pemilik suara sah PSSI,” sebut tokoh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Surabaya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda