Scroll to Top

Gilang Ramadhan: Bermain Drum Bisa Cerdaskan Anak

By Aditya / Published on Tuesday, 07 Feb 2012

Gilang Ramadhan

Bermain drum ternyata bisa meningkatkan kualitas IQ anak, sebab seluruh anatomi tubuh akan bergerak dengan memukul-mukulkan stik drum. Itulah yang disimpulkan oleh salah satu drummer ternama di Indonesia, Gilang Ramadhan.

”Bermain drum bagi anak usia 2 sampai 5 tahun, kemungkinan besar bisa menambahkan IQ anak tujuh pon, karena dengan bermain drum mereka dapat menggerakkan seluruh anatomi tubuhnya,” kata Gilang Ramadhan di Padang, Sumatera Barat, seperti dikutip dari KapanLagi, Senin (6/2).

Gilang Ramadhan bicara bukannya tanpa dasar. Menurut suami Shanaz Haque ini, dengan bermain drum atau sekadar memainkan alat-alat pukul, anak-anak di usia dini akan mempelajari bisa ritme ketukan.

Sebaiknya, lanjut Gilang Ramadhan, anak-anak jangan langsung dikenalkan dengan gitar dan piano dulu, karena mereka akan kesulitan memahaminya. Pasalnya, baik pada gitar maupun piano biasanya langsung ditemui harmonisasi yang harus dimainkan.

”Barulah kelak sesudah umur 5 atau 6 tahun, mereka bisa memilih belajar yang lain seperti piano dan gitar,” ujar sahabat maestro jazz Indra Lesmana ini.

Namun, mantan penggebuk drum band senior Krakatau ini mengingatkan, yang dimaksud drum bukanlah drum set lengkap yang biasa dimainkan orang dewasa. Drum untuk anak-anak bisanya berupa drum pad yang memang dirancang khusus untuk anak-anak.

Selain itu, lanjut Gilang Ramadhan, drum juga bisa dimanfaatkan sebagai media terapi bagi anak-anak autisme lantaran bisa melatih konsentrasi. Untuk orang dewasa yang terkena stroke ringan pun dapat diterapi dengan memainkan drum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda