Scroll to Top

Gonzalo Higuain atau Karim Benzema Sebagai Penyerang Tunggal Real Madrid?

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 07 Feb 2012

Gonzalo Higuain atau Karim Benzema? Satu penyerang tunggal dalam formasi 4-2-3-1 kini mulai membingungkan Jose Mourinho dalam arti yang positif. Karim Benzema lebih banyak dimainkan, tetapi Gonzalo Higuain lebih produktif.

Karim Benzema Gonzalo Higuain

Karim Benzema sudah 24 kali tampil sebagai starter. Total ia bermain 32 kali. Dari jumlah 2113 menit bermain, penyerang internasional Prancis mampu mengemas 18 gol. Setiap 117 menit, kepala atau kaki Benzema menghancurkan gawang kiper lawan.

Gonzalo Higuain lebih sering muncul dari bangku cadangan. Ia cuma tampil 15 kali sebagai starter. Namun, total bermain Higuain lebih banyak. Tercatat, striker Argentina 18 kali dipanggil Jose Mourinho dari bangkunya. Total, dari 1643 menit, 17 gol dikoleksi. Rata-rata ia membobol gawang lawan dalam 96 menit sekali. Artinya, dengan 470 menit lebih sedikit daripada Benzema, Higuain bisa mencetak 1 gol lebih banyak. Jangan lupakan, khusus di La Liga, Higuain adalah penyerang paling efektif.

Dilihat dari persentase tembakan ke gawang yang membuahkan gol, Higuain juga lebih efektif. Higuain mencetak gol setiap tiga tembakan tepat sasaran, sementara Benzema enam kali.

Namun, sudah bukan barang rahasia lagi kalau Jose Mourinho lebih suka penyerang yang lebih mengedepankan tim daripada egonya sendiri. Dalam hal ini, Benzema memang lebih unggul. Total ia sudah menyodorkan 8 assist, 2 kali lipat daripada Higuain.

Atas alasan ini pulalah, Benzema lebih sering dipasang sebagai starter oleh Jose Mourinho untuk partai-partai besar. Dalam tiga dari lima El Clasico musim ini, si kucing Prancis menjadi pilihan utama. Demikian pula saat Real Madrid melawat ke Valencia (menang 2-3) dan Sevilla (menang 2-6).

Dilihat dari efektivitasnya, memang posisi paling tepat bagi Higuain adalah muncul dari bangku cadangan. Sementara, Benzema lebih layak menjadi pendobrak pertama Real Madrid. Jose Mourinho mungkin pula belum lupa bagaimana Higuain membuang dua peluang emas di awal-awal laga El Clasico di Camp Nou.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda