Scroll to Top

LibreOffice Akan Hadir Versi Mobile dan Cloud

By Ivan Azzam / Published on Tuesday, 07 Feb 2012

Anda yang menggunakan Windows tentu sangat akrab dengan aplikasi office suite besutan Microsoft yaitu Microsoft Office. Namun sayangnya harga aslinya cukup mahal. Bagaimana dengan yang tidak menggunakan Windows? Katakanlah anda pengguna Mac OS X atau Linux, di Mac OS X atau iOS tentu masih bagus, karena memang ada versi Microsoft Word untuk iOS, tapi di Linux atau sistem operasi lain?

LibreOffice

Salah satu aplikasi office suite alternatif yang terbaik adalah LibreOffice, dan bagusnya ini hadir hampir di semua sistem operasi, dari Windows, sampai Linux. Kabar terbaru mengenai LibreOffice ini adalah, tim pengembang dari LibreOffice (The Document Foundation) berencana meluaskan ranah aplikasi tersebut. Tidak cukup ada di bermacam sistem operasi saja, namun LibreOffice nanti akan segera hadir di platform lain, sebut saja untuk aplikasi mobile (rencananya akan ada versi iOS dan Android) serta versi cloud (layaknya Google Docs atau Office 365 dari Microsoft)

Salah satu pengembangnya, Michael Meeks mengatakan, lebih mudah bagi mereka untuk menggunakan kode sumber yang sudah ada, dan kode sumber tersebut akan dioptimalkan agar bisa bekerja di versi desktop, cloud, atau mobile. Lagipula menurut dia, menulis ulang kode sumber aplikasi ini tentu merepotkan maka dari itu, cara ini lebih praktis bagi para pengembang.

Nah kita tunggu saja kehadiran aplikasi office suite yang gratis dan cukup mumpuni ini nanti di berbagai perangkat selain desktop. (via Ars Technica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda