Scroll to Top

Thibaut Courtois Memecahkan Rekor Penjaga Gawang Terbaik Atletico Madrid dalam 20 Tahun Terakhir

By Fitra Firdaus / Published on Wednesday, 08 Feb 2012

Kedatangannya ke Atletico Madrid awal musim ini, murni karena Chelsea tak ingin menyia-nyiakan potensi emas Thibaut Courtois. Kiper termuda Belgia yang sebelumnya memperkuat Genk, memang dibeli Chelsea untuk proyeksi menggantikan Petr Cech di masa depan.

Namun, jika ia bertahan di The Blues, peluangnya masuk tim inti akan sangat tipis. Selain karena Petr Cech yang begitu solid, masih ada Ross Turnbull dan Hilario yang lebih berpengalaman.

Thibaut Courtois

Alhasil, Atletico Madrid menjadi kawah candradimuka bagi Courtois. Sang kiper Belgia harus beradaptasi di liga baru, plus harus menjawab kepercayaan manajemen Rojiblancos. Maklum, sebelum kedatangan Courtois, gawang Atletico Madrid dijaga oleh kiper masa depan Spanyol, David De Gea.

Paruh pertama musim ini, tidak dilalui dengan sempurna oleh Courtois. Ia terbobol 22 gol dalam 15 pertandingan. Kala itu, Atletico masih diasuh oleh Gregorio Manzano.

Bahkan, Courtois pernah melakukan kesalahan fatal. Kesalahannya menyapu kaki Karim Benzema, membuatnya diberi kartu merah. Atletico yang sudah unggul 0-1 di Derby Madrid, harus pulang dari Santiago Bernabeu dengan kekalahan telak 4-1.

Namun, itu hanyalah masa lalu. Ketika Diego Simeone didatangkan, segalanya berubah. Atletico masih perawan dari kekalahan sejak ditangani eks pemain Lazio. Rojiblancos pun masih perawan urusan terbobol oleh penyerang lawan.

Lima pertandingan sudah berlalu. Sudah 451 menit pula gawang kiper Belgia tak terkoyak. Dalam sejarah Atletico Madrid selama 20 tahun, belum ada yang secemerlang Courtois.

Pada musim 1990/1991, Abel Resino —sekarang pelatih Granada— mencetak rekor tertinggi bagi Atletico Madrid. Resino tak pernah memungut bola selama total 1.274 menit atau setara dengan 13 pertandingan.

Kalau kita menengok ke belakang, rekor Resino pada musim 1990/1991 adalah rekor terbaik dalam sejarah Atletico Madrid. Di posisi kedua urusan kiper Rojiblancos paling lama tak terbobol, Abel Resino kembali hadir. Semusim sebelum memecahkan rekor tak terkoyak 1274 menit, Abel sempat mengukir 6 pertandingan tak terbobol atau setara dengan 603 menit.

Nah, Courtois berada di posisi ketiga dengan 451 menitnya. Tentunya, dua pertandingan ke depan akan menjadi pembuktian bagi Courtois. Mampukah ia bertahan dan menyalip rekor kedua Abel Resino? Mungkinkah pula, bersama Diego Simeone, Courtois akan menikmati masa-masa memabukkan sehingga menyalip rekor kiper terbaik Rojiblancos sepanjang masa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda