Scroll to Top

Vostok, Danau Prasejarah Ditemukan di Antartika

By Ilham Choirul / Published on Wednesday, 08 Feb 2012

Menakjubkan! Sebuah danau yang diduga sudah ada sejah zaman prasejarah ditemukan tim ilmuwan Rusia di kawasan sub-glacial yang ada di kedalaman empat kilometer bawah lapisan es Antartika. Danau ini dinamai Vostok , yang dalamnya penuh dengan gas oksigen.

Suhu di sana sangat dingin namun mempunyai kandungan oksigen yang sangat segar hingga 50 kali dari oksigen yang dihirup saat ini. Diduga, ada pula makhluk hidup yang mampu bertahan di lingkungan ekstrim itu. Bayangkan saja, mereka hidup tanpa cahaya, rendah nutrisi, oksigen sangat tinggi, tekanan tinggi dan harus menghadapi suhu yang konstan. Makhluk ini disebut extremophile.

Mahlon C. Kennicutt II, profesor oseanografi di Texas A&M University yang memimpin kelompok penelitian Antartika ini, mengungkapkan, penemuan Vostok bisa memberikan gambaran catatan sedimen perubahan iklim yang ditemukan di tempat lain di bumi.

“Ini menjadi petunjuk bagaimana planet ini dapat menanggapi pengaruh dari manusia, emisi bahan bakar khususnya fosil, dan perubahan iklim yang terkait. Itu disimpan dalam catatan perubahan iklim masa lalu di Antartika,” kata Kennicutt seperti dikutip YahooNews.

Ditulis National Geographic, Vostok adalah danau “perawan” yang usianya diperkirakan sudah 14 juta tahun. Dia menjadi salah satu danau dari 200 danau yang ada di kawasan sub-glacial. Dan, danau ini ditemukan setelah melalui 20 kali pengeboran. Eksplorasi selanjutnya akan dilakukan dengan bantuan robot perenang pada musim panas 2012 dan 2013 untuk mengambil sampel garam dan contoh sedimen yang ada di dasar danau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda