Scroll to Top

Jepang ‘Memancing’ Wisatawan Lewat Media Sosial

By Melissa / Published on Thursday, 09 Feb 2012

Semakin banyak negara yang menggunakan media sosial untuk meningkatkan sektor pariwisata mereka.

Jepang Media Sosial

Tidak tanggung-tanggung, Jepang menghabiskan dana sekitar 21,5 juta yen untuk mengundang 10 tokoh dari negara asing yang dianggap berpengaruh di media sosial.

Sebelumnya, pemerintah Jepang sempat menolak usul 10.000 penerbangan gratis kepada turis asing yang bersedia menceritakan pengalaman mereka di Jepang melalui blog dan media sosial.

Akhirnya, dipilih rencana pengganti yang dianggap lebih tepat guna yaitu memilih tokoh-tokoh media sosial seperti blogger dan figur media sosial dari berbagai negara untuk berwisata ke Jepang.

Para turis undangan akan datang bergantian dari bulan Januari hingga Maret dan akan diajak berkunjung ke daerah-daerah yang terkena bencana gempa bumi dahsyat tahun lalu.

Pemerintah Jepang berharap kunjungan para turis berpengaruh ini akan mampu mendemonstrasikan perkembangan Jepang dalam memulihkan negaranya dan mendorong orang-orang di negaranya untuk datang berkunjung ke Jepang.

Rombongan pertama adalah blogger asal Spanyol Roger Ortuno Flamerich, food blogger asal Amerika Louisa Liu Chu dan Khaled Hamza, pencetus situs komunitas Muslim dari Mesir.

Rombongan berikutnya adalah profesor universitas di Chili dan penulis cerita anak-anak asal Cina.

Sektor pariwisata Jepang sangat melemah sejak bencana alam beruntun belakangan ini yang menewaskan 20.000 orang.

Jumlah pengunjung menurun sebanyak 50% dalam 3 bulan pertama setelah tragedi tersebut dan kuatnya nilai mata uang yen juga menyurutkan minat para wisatawan asing untuk berkunjung ke Jepang.

(via The Next Web)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda