Scroll to Top

Semua Menginginkan Harry Redknapp

By Wan Faizal / Published on Thursday, 09 Feb 2012

Sepeninggal Fabio Capello yang memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatan manajer Timnas Inggris, topik yang paling hangat tentu adalah tentang siapa yang akan menggantikan pelatih berusia 65 tahun tersebut.

Beberapa nama pun munceul sebagai suksesor Don Fabio. Ada dua nama yang diusulkan untuk menjadi manajer Inggris, yaitu Terry Venables dan Harry Redknapp.

Harry Redknapp

Jika dilihat dari nama dan prestasi terkini, nama Redknapp tentu yang terdepan. Manajer yang setahun lebih muda dari Capello itu dalam beberapa musim terakhir mampu mengangkat prestasi Tottenham Hotspur.

Ya, Spurs sebenarnya hanya lah tim spesialis papan tengah. Namun itu terjadi sebelum Redknapp berada di White Hart Lane. Ketika Redknapp berada disana, situasi berubah 180 derajat.

Musim pertamanya bersama Spurs, 2008-2009, Redknapp memang hanya mampu membawa klub berjuluk The Lilywhites itu nangkring di urutan ke delapan di akhir musim. Namun tidak di musim-musim setelahnya.

Musim kedua Redknaap disana, prestasi besar dipersembahkannya. Spurs dibawanya menembus zona Eropa. Tak sekedar Liga Europa, tapi Liga Champions!

Di kompetisi terakbar antar klub Eropa itu, Redknapp tak hanya membawa Spurs menjadi penggembira. Spurs dibawanya menembus babak perempat final hingga akhirnya dikalahkan Real Madrid. Eloknya, dalam perjalanannya, Spurs mampu menyingkirkan duo Milan di penyisihan grup dan babak 16 besar.

Semusim berikutnya, prestasi memang agak menurun dengan hanya menempati posisi kelima di akhir musim 2010-2011. Hal itu coba dibayar di musim ini dimana untuk sementara Spurs berada di posisi ketiga dan berpeluang untuk merebut gelar Premier League.

Maka, tak heran jika pencapaian tersebut membuat namanya semakin harum. Ketika Capello memutuskan mundur, banyak pihak yang langsung menyebut namanya untuk mendampingi Joe Hart dkk di Polandia-Ukraina musim panas mendatang.

“Kaget dengan kabar berhentinya Capello, seorang pria yang baik dan pelatih jempolan. Pelatih asli Inggris harus menggantikannya. Saya ingin Harry Redknapp,” ucap Wayne Rooney.

Tak hanya Rooney yang berkata seperti itu. Dukungan yang diberikan Rooney ternyata sama dengan apa yang ditunjukkan oleh manajer Sunderland, Martin O’Neill, serta eks manajer Inggris, Sven Goran Eriksson.

“Fabio telah mengundurkan diri dari kursi manajer timnas. Saya kira Harry akan menjadi favorit untuk menggantikannya,” ujar O’Neill.

“Saya pikir Harry akan menjadi pilihan yang sangat bagus. Ia orang Inggris dan ia paham sepakbola Inggris,” timpal Eriksson.

Namun, yang harus diingat adalah Redknapp milik dari Spurs. Jika FA menginginkan Redknapp melatih timnas, maka mereka harus “berperang” dulu dengan Spurs yang jelas-jelas tidak mau manajer kesayangannya dibajak dengan begitu mudahnya.

Fabio Capello

Seperti yang diutarakan oleh Chairman Spurs, Daniel Levy, pihaknya tidak akan membiarkan FA mengambil Redknapp tanpa imbalan. Minimal, mereka harus mendapatkan kompensasi yang sepadan dari FA.

Redknapp sendiri sebenarnya juga sudah masuk dalam calon manajer Inggris selepas Piala Dunia 2010 lalu. Namun saat itu, Redknapp menolak karena memang masih berkonsentrasi untuk Spurs.

Well, sepertinya pilihan memang sudah mengerucut pada satu nama. Dan untuk merealisasikannya, FA tentu harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan nama tersebut, yakni manajer bernama lengkap Henry James Redknapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda