Scroll to Top

Mestalla atau Camp Nou Tempat Final Copa del Rey 2012?

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 09 Feb 2012

Dua raja bertemu di partai puncak. Athletic Bilbao dengan skuad keturunan Basque menghadapi Barcelona dengan skuad remaja. Sebelum kedua klub berlaga, kontroversi, setidaknya kecil-kecilan, sudah dimulai. Kapan dan di manakah partai final Copa del Rey tahun ini digelar?

Camp Nou

Kepastian tanggal partai final masih menunggu perkembangan Barcelona. Seandainya El Barca menerobos final Liga Champions yang digelar 19 Mei 2012 waktu setempat (20 Mei di Indonesia), otomatis final Copa del Rey akan digelar pada 25 Mei 2012 (26 Mei di Indonesia).

Namun, jika Barcelona tersingkir sebelum final Liga Champions, rencananya pada tanggal 20 Mei salah satu hajat besar rakyat Spanyol akan digelar.

Kalau tanggal masih belum bisa dipastikan, demikian pula dengan stadion.

Ada beberapa venue yang sebenarnya cukup layak menggelar hajat besar warga Spanyol. Di antaranya, Santiago Bernabeu dan Vicente Calderon (Madrid), Camp Nou (Barcelona), Mestalla (Valencia), atau Ramon Sanchez-Pijzuan (Sevilla).

Harian Marca dengan berani menyebutkan, nama-nama lain sudah gugur terlebih dahulu kecuali dua stadion: Mestalla dan Camp Nou.

Logika umum menyatakan bahwa partai final selayaknya digelar di Santiago Bernabeu. Namun, konon Real Madrid enggan memberikan tempat ini. Alasannya mudah.

Jika Real Madrid tampil di final Liga Champions pada 19 Mei 2012, sementara Barcelona gagal mencapai partai puncak kompetisi terbesar di Eropa tersebut, maka final Copa del Rey akan digelar pada 21 Mei 2012. Real Madrid tidak mau terjadi tumpang tindih perayaan gelar Liga Champions dengan final Copa del Rey dalam waktu bersamaan.

Pilihan kedua setelah Santiago Bernabeu adalah Vicente Calderon, markas Atletico Madrid. Namun, pada 21 Mei 2012 di stadion ini akan digelar konser Coldplay.

Jika kita melupakan kota Madrid, akan ada Sevila, Valencia, dan Barcelona. Ramon Sanchez-Pijzuan yang terletak di Sevilla, Andalusia, dianggap sebagai stadion yang “terpencil” meski memiliki kapasitas yang lebih dari cukup.

Pilihan mengerucut lagi menjadi 2, Mestalla atau Camp Nou. Mestalla dianggap miring karena cuma berkapasitas 55000 penonton. Padahal, dalam tiga tahun terakhir, kandang Valencia ini sudah dipakai dua kali untuk laga final, yaitu tahun 2009 dan 2011.

Maka, peluang terbesar justru muncul dari Camp Nou. Tentu saja hal ini tidak akan menyenangkan bagi Athletic Bilbao. Mereka diibaratkan datang ke mulut buaya jika akhirnya laga final digelar di stadion keramat Barcelona ini. Bahkan, meski tiket akan dibagi adil per klub 40.000 kursi sesuai kapasitas Camp Nou.

Barcelona akan diuntungkan? Belum tentu. Peluang Camp Nou menjadi tuan rumah final Copa del Rey sendiri masih menunggu tanggal 14 Februari mendatang. Kala itu RFEF, Athletic Bilbao, dan Barcelona akan bertemu untuk merumuskan di stadion mana partai final ketujuh antara kedua klub dilangsungkan.

Bisa jadi, RFEF akan menggeser laga ke tanggal 26 Mei 2012 meski Barcelona tersingkir sebelum final Liga Champions; plus memilih stadion yang lebih netral daripada Camp Nou.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda