Scroll to Top

PSSI Anggap Masih Sulit Akui ISL

By Aditya / Published on Thursday, 09 Feb 2012

ISL - IPL

Menpora Andi Mallarangeng sempat melontarkan wacana sekaligus saran untuk PSSI agar merangkul dan mengakui ISL demi kepentingan bangsa. Pasalnya, kisruh yang melibatkan PSSI dan KPSI dikhawatirkan akan berimbas pada pembentukan tim nasional yang terkesan pilih-pilih alias diskriminatif.

Seperti diketahui, hanya pemain IPL yang bisa memperkuat timnas Indonesia menurut PSSI di era Djohar Arifin Husin. Padahal, klub-klub yang punya prestasi dan sejarah besar di persepakbolaan nasional kebanyakan bermain di ISL, liga yang sekarang tidak diakui oleh PSSI. Hal inilah yang memunculkan kekhawatiran dari Andi Mallarangeng.

Menyikapi anjuran Menpora itu, PSSI masih merasa sulit untuk bisa merangkul apalagi mengakui ISL. Selain harus mematuhi statuta yang tidak memperbolehkan adanya kompetisi tandingan, PSSI juga tidak yakin apakah pihak pengusung LSI mau berada di bawah naungan PSSI.

”Ada statuta yang harus ditaati. Semua kompetisi harus dikendalikan oleh federasi anggota FIFA. Masalahnya, mau nggak ISL dikendalikan oleh PSSI?” kata Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Tondo Widodo, Kamis (9/2).

Menurut Tondo Widodo, PT Liga Indonesia (PT. LI) sejauh ini tidak kompromis dengan PSSI, Meskipun belum diketahui juga apakah sudah ada upaya-upaya yang dilakukan PSSI untuk melakukan dialog dengan pihak-pihak pengusung ISL.

”Mereka tidak mau menyerahkan kewenangannya pada PSSI. Padahal, PSSI merupakan pemegang saham terbesar dari PT. LI. Selain itu, PT. LI selalu menolak memberikan pertanggungjawaban keuangan. Mereka juga selalu menolak untuk diaudit,” tandas Tondo Widodo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda