Scroll to Top

Google Perusahaan ‘Terhijau’ Versi Greenpeace

By Ibnu Azis / Published on Saturday, 11 Feb 2012

Google perusahaan terhijau

Google menjadi perusahaan ‘terhijau’ versi Greenpeace yang mampu menerapkan teknologi ramah lingkungan di antara perusahaan teknologi lainnya.

Lembaga kampanye lingkungan Greenpeace mengatakan jika Google telah mampu naik peringkat daftar perusahaan teknologi ramah lingkungan sebab investasi mereka di proyek energi terbarukan.

Uniknya, Apple tidak dimasukkan Greenpeace dalam kategori ini. Menurut Greenpeace, Apple belum menunjukkan perilaku dalam mendorong solusi energi IT laiknya perusahaan teknologi lain.

Padahal pemasukan mereka cukup besar. Namun anggaran untuk ini sangat minim sekali.

Sementara jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg, Facebook, masih belum masuk daftar perusahaan ‘terhijau’.

Namun Greenpeace memastikan jika jejaring sosial ini akan diikutsertakan dalam daftar menyusul niat mereka untuk ikut meramaikan teknologi ramah lingkungan pada akhir tahun lalu.

“Google sangat nyata bentuk dukungan mereka. Investasi yang digelontorkan tidaklah sedikit demi teknologi energi terbarukan. Mereka menjadi teladan dan contoh bagaimana menggunakan kekuatan yang dimilki untuk mengubah, memroduksi, dan menggunakan energi,” papar Gary Cook, analisis dari Greenpeace Internasional IT.

Dibawah Google ada Cisco, Ericsson, Fujitsu, serta Dell. Menyusul kemudian perusahaan telekomunikasi Jepang Softbank serta Oracle.

Secara khusus Greenpeace memuji Softbank dalam perannya ketika memenuhi permintaan pergantian energi ke tenaga terbarukan pasca bencana (gempa dan tsunami) di Fukusima.

Gary Cook terus menegaskan agar pelaku industri IT harus menggunakan pengaruhnya dalam semangat kampanye energi terbarukan. Mereka harus sebagai inovator perusahaan dan mengatur investasinya dalam teknologi terbarukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda