Scroll to Top

FIA Legalkan Desain Knalpot Mclaren dan Ferrari

By Rheza Fadhlillah / Published on Saturday, 11 Feb 2012

Ferrari Exhaust F2012Badan tertinggi olahraga balap mobil, FIA, menyatakan desain exhaust pipe (knalpot) yang diterapkan oleh dua tim besar Mclaren dan Ferrari adalah legal.

Pernyataan tersebut dikeluarkan oleh Charlie Whiting menyusul kekhawatiran beberapa tim peserta balap Formula Satu musim 2012 terhadap desain exhaust milik Mclaren dan Ferrari yang menurut mereka melanggar aturan baru dari FIA.

Mclaren dan Ferrari mendesain exhaust mereka memliki semacam pelindung atau jalur yang menurut beberapa peserta mengarah pada satu sisi yang dipercaya dapat meningkatkan aerodinamika mobil.

Hal tersebut tentu saja berlawanan dengan aturan baru FIA yang melarang penggunaan exhaust blown diffuser yang diperkirakan bekerja mirip seperti exhaust miliki Mclaren dan Ferrari. Akan tetapi Whiting menganggap desain exhaust milik mereka masih berada dalam batas yang dituliskan dan dimaksudkan pada peraturan.

Seperti yang dikabarkan oleh wartawan Sky Sport, Ted Kravitz, yang berbunyi “Dari sumber yang beradai di pit-lane bahwa FIA Race Director, Charlie Whiting, telah memberi tahu kepada seluruh tim bahwa ia menganggap desain exhaust Ferrari dan Mclaren legal.”

Keputusan yang dikeluarkan oleh Whiting boleh jadi membuat Mclaren dan Ferrari sedikit berada di atas angin sebab kini mereka satu langkah lebih baik dari tim-tim lain demi merebut kembali reputasi mereka yang direbut oleh Red Bull dalam dua tahun belakangan.

Sementara itu bagi tim lain, ini merupakan pekerjaan rumah bagi mereka mendesain ulang bentuk exhaust menjadi lebih agresif seperti milik Mclaren dan Ferrari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda