Scroll to Top

Konsumsi Ganja Naikkan Dua Kali Potensi Kecelakaan

By Ilham Choirul / Published on Sunday, 12 Feb 2012

Ganja

Persoalan narkotika begitu mencuat belakangan ini. Isu paling memprihatinkan adalah ada sebagian orang yang memakai obat terlarang ini sebelum mengendarai kendaraan. Kasus tabrakan Afriyani pun contohnya. Belum lagi, terungkap juga ada pilot dari sebuah maskapai penerbangan yang ternyata mengonsumsi obat terlarang sebelum terbang. Ironis kalau sampai kecelakaan udara terjadi lagi di Indonesia.

Dalam tataran dunia, 50 ribu orang merasakan dampak kecelakaan yang dipicu oleh pemakaian narkoba oleh pelakunya. Hasil ini diungkap situs BMJ setelah memelajari 9 studi terakhir tentang narkoba.

Sementara itu, menurut penelitian Dalhousie University di Halifax (Kanada), sopir yang mengonsumsi ganja sebelum menyetir, punya kemungkinan dua kali lebih besar mengalami kecelakaan yang berujung cedera serius atau kematian. Sekali pun ganja dipakai tiga jam sebelum menyetir, maka efek ganja masih tetap kuat menguasai pikiran.

Peneliti tidak memandang bahwa ganja atau narkoba satu-satunya yang berpotensi menyebabkan kecelakaan. Justru, pengaruh alkohollah yang kerap menjadi biang kecelakaan. Keduanya sama-sama merusak kesadaran. Hanya saja, pecandu alkohol lebih banyak dibanding ganja.

Dikutip dari BBC, peneliti menguji responden yang terlibat menggunakan ganja saat menyetir. Dalam tubuh mereka dinyatakan positif mengandung tetrahydrocannabinol (THC), yaitu senyawa aktif dalam ganja. Rata-rata mereka memakai satu nanogram/mm ganja.

“Penelitian baru ini memperkuat bukti bahwa mengemudi di bawah pengaruh ganja meningkatkan kemungkinan terluka parah atau tewas dalam tabrakan,” ujar Duncan Vernon, manajer keselamatan jalan raya di The Royal Society for the Prevention of Accidents (RoSPA).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda