Scroll to Top

Kodak Putuskan Tak Akan Produksi Kamera Digital Lagi

By Moch Ridwan / Published on Sunday, 12 Feb 2012

kodak stop produksi kamera digital

Kabar baru datang dari perusahaan pembuat kamera digital terkenal Kodak. Perushaan yang di dirikan oleh Eastman Kodak di tahun 1975 ini menyatakan akan menghentikan produksi kamera digitalnya dalam enam bulan ke depan. Bukan hanya itu saja Kodak menambahkan bahwa produksi kamera video saku serta ‘picture frames’ juga ikut di stop.

Enam tahun lalu Kodak menjadi salah satu dari tiga perusahaan terbesar yang memproduksi kamera digital. Dianggap pertumbuhan handphone yang di injeksi dengan kamera merupakan salah satu faktor yang menggerogoti pasar kamera digital di tingkat low end.

Bahkan bulan lalu Kodak telah memberkaskan proteksi kebangkrutan dan dikenal dengan berkas Chapter 11 dimana dilaporkan perusahaan ini telah kehilangan 90 persen dari pasar komersialnya di tahun 2011. Namun demikian perusahaan ini akan menjual lisensi kameranya ke perusahaan lain yang tertarik untuk mengembangkannya.

Lalu produk apa yang akan menjadi fokus Kodak di masa mendatang? Chief Executive Kodak Antonio Perez seperti yang dikutip Sidomi dari telegraph menyatakan bahwa untuk kedepannya perusahaan akan bergerak dalam bidang konsumen printing, packaging, dan high-speed commercial inkjet presses. Seperti yang diketahui HP, Canon, dan Epson merupakan tiga perusahaan yang memimpin pasar printer dan Kodak masih jauh berada di belakang mereka.

Dialihkannya fokus perusahaan ke produk printer diyakini akan bisa menghemat pengeluaran hingga 100 juta dollar pertahunnya. Kodak tidak menjelaskan lebih lanjut akan ada berapa banyak karyawan yang akan di phk, namun mereka sudah menyipakan dana sekitar 30 juta dollar untuk keperluan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda