Scroll to Top

Mesin Renault Lebih Irit

By Rheza Fadhlillah / Published on Tuesday, 14 Feb 2012

Renault Engine F1

Motorsport Renault F1 selaku pensuplai mesin bagi tim-tim Formula Satu seperti Red Bull, Williams, Caterham, dan Lotus Renault berpendapat bahwa mesin yang mereka buat untuk tahun 2012 memiliki keunggulan dari segi bahan bakar dan kemampuan berkendara yang maksimal.

Dibandingkan dengan tim lain sejak peraturan pengisian bahan bakar saat balapan resmi dilarang di tahun 2010, Renault tidak memiliki kesulitan dalam menemukan ukuran bahan bakar yang tepat sehingga tidak menjadi terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Jean Francois Caubert direktur Renault F1 berkata seperti yang dikutip dari AS, “Mesin Mercedes memiliki 15 horsepower lebih kuat ketimbang kami. Ferrari juga memiliki tenaga yang lebih, tetapi dalam ruang lingkup bahan bakar yang ekonomis Renault adalah yang terdepan.”

Caubert pun memberi contoh nyata bagaimana mesin buatan Renault memiliki andil besar dalam sukses tim juara bertahan Red Bull dalam dua tahun terakhir.

“Red Bull dapat memulai balapan dengan 15 sampai 18 liter bahan bakar lebih sedikit dibanding kompetitior lainnya. Itu yang membuat beda.”

Berbicara soal ukuran bahan bakar yang tepat agaknya kita flashback ke bulan Juli 2011 pada GP Jerman. Saat itu Fernando Alonso terpaksa menepikan mobilnya untuk menjaga batas minimal 1 liter bahan bakar untuk disisakan. Alonso pun akhirnya ‘nebeng’ mobil Mark Webber untuk bisa sampai podium tepat waktu.

Itulah salah satu contoh kecil sulitnya menentukan bahan bakar yang tepat agar mampu bertahan selama puluhan putaran dalam satu balapan tanpa mengisi ulang bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda