Scroll to Top

6 Gejala yang Harus Anda Konsultasikan ke Dokter

By Ilham Choirul / Published on Tuesday, 14 Feb 2012

jantung

Gejala penyakit kadang masih dianggap remeh saat seseorang merasakannya. Dia merasa masalah kesehatannya akan hilang sendiri tanpa perlu proses pencegahan sebelum menjadi akut. Inilah kemudian yang menjadikannya penyakit menjadi lebih parah seiring berjalannya waktu.

Jangan parno untuk menemui dokter kalau Anda merasakan ada hal ganjil pada kesehatan. Itu akan menjadi langkah tepat untuk menjaga diri Anda. Dan, kalau Anda menemui hal-hal berikut, segera hubungi dokter atau instansi kesehatan terkait. Dikhawatirkan, tanda ini menjadi awal munculnya penyakit serius. Dikutip dari Mirror, inilah ulasannya.

  • Kalau Anda menemukan ada bercak atau keluar darah dari ludah, air kencing, gerakan usus, atau mungkin vagina, segera cek kesehatan Anda. Barangkali dalam tubuh Anda ada tumor atau kanker.
  • Saat merasa mendadak mulas, pencernaan terasa sesak, atau ada nyeri dada, bisa jadi menjadi tanda awal masalah jantung. Segera periksakan, apalagi jika usia Anda sudah ada 45 tahun. Namun, di masa sekarang, usia tidak menjadi patokan bagi seseorang tidak terkena masalah jantung.
  • Tanda dari glukoma akut adalah pandangan kabur, mata merah, dan merasa ada lingkaran cahaya saat melihat lampu terutama malam hari atau gelap. Bola mata Anda seperti kena tekanan besar saat itu. Biar tidak berlanjut, segera hubungi dokter mata agar mendapatkan penanganan lebih dini. Deteksi dini mencegah kerusakan mata lebih parah.
  • Tiba-tiba suara Anda serak seperti ada yang tertahan di tenggorokan, mungkin menjadi awal tanda tumor laring. Selain itu, suara serak yang disertai batuk akibat iritasi juga menjadi tanda akhir kenker paru.
  • Jika pembuluh darah Anda terhambat, biasanya muncul kekakuan pada beberapa bagian tubuh. Misalnya dari kaki, wajah, tangan, atau ada gangguan ingatan. Waspadalah, ini mungkin tanda awal stroke iskemik. Anda mungkin akan disarankan segera minum obat pengencer darah oleh dokter agar stroke tidak sampai terjadi.
  • Waspadai juga sakit yang disertai gejala penglihatan kabur. Penyebabnya bisa jadi adanya tekanan tinggi pada cairan di kepala yang menekan saraf-saraf. Kalau diabaikan akan menyebabkan kebutaan permanen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda