Scroll to Top

Lionel Messi Pemain Dengan Menit Berlaga Terbanyak di Antara Pemain Liga Spanyol

By Fitra Firdaus / Published on Tuesday, 14 Feb 2012

3241 menit. Selama itulah Lionel Messi bermain musim ini. Baik di La Liga, Copa del Rey, Piala Super Eropa, Piala Super Spanyol, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antar Klub.

Lionel Messi 1

Sejauh ini, tidak ada pemain yang bisa menyetarai lama bermain sang nomor 10. Satu-satunya pesaing Messi adalah kiper Athletic Bilbao yang tak tergantikan, Gorka Iraizoz. Kiper yang akan dihadapi Messi di final Copa del Rey akhir musim ini, sudah tampil dalam 3150 menit. Atau, beda 91 menit saja. Iraizoz memang selalu menjadi pilihan utama pelatih Marcelo Bielsa baik di Liga Spanyol, Copa del Rey, maupun Europa League.

3241 menit milik Messi ini, didapatkan dalam 38 pertandingan. Messi menjadi starter dalam 35 laga, dan 3 sisanya ia muncul dari bangku cadangan.

Pesaing Messi, Cristiano Ronaldo yang baru saja mencetak hattrick saat Real Madrid menghadapi Levante 4-2, cuma mengantongi 2902 menit berlaga. Atau, 339 menit (jika diakumulasikan nyaris 4 pertandingan) lebih sedikit daripada Messi. Bisa dikatakan, Ronaldo lebih banyak mendapatkan waktu istirahat yang diberikan Jose Mourinho.

Di satu sisi, 3241 menit yang diperoleh sang mesiah membuktikan bahwa vitalitas Messi tiada duanya musim ini. Namun, di sisi lain, ini bisa diindikasikan sebagai buah “ketakutan” Josep Guardiola akan hasil buruk, sehingga hampir senantiasa memainkan si nomor 10 dalam semua pertandingan di musim ini.

Ambil contoh di La Liga. Messi tercatat tak pernah absen dalam 22 pertandingan El Barca. Satu-satunya laga ketika Messi datang dari bangku cadangan adalah duel menghadapi Real Sociedad yang berakhir imbang 2-2. Kala itu, El Barca yang sudah unggul 0-2 bisa disamai oleh pasukan Anoeta. Messi dimasukkan di menit 61 untuk menggantikan Thiago; namun El Barca tak bisa menghindari hasil seri.

Satu lagi yang perlu diperhatikan dari jumlah menit bertanding Messi, adalah jumlah kartu kuningnya yang sudah mencapai angka 4 di La Liga. Artinya, sekali lagi sang mesiah menerima peringatan pertama wasit, ia tidak bisa tampil dalam laga berikutnya. Rasanya, sulit sekali Messi akan bersih dari hukuman dalam 16 pertandingan sisa. Kala kartu kuning  itu tiba, kita akan melihat dunia baru Barcelona: sehari tanpa Lionel Messi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda