Scroll to Top

Real Madrid Penghasil Assist Terbanyak di La Liga

By Fitra Firdaus / Published on Thursday, 16 Feb 2012

75 gol dalam 22 pertandingan. Los Blancos cuma dua kali melempem di La Liga. Satu kali ketika ditahan imbang 0-0 oleh Racing Santander dan satu lagi ketika dibekap Levante 1-0 di Ciutat de Valencia.

Real Madrid 2

Selebihnya, dalam 20 pertandingan lain, Real Madrid selalu mencetak minimal satu gol. Ya, mereka seolah merampas jargon Manchester City: “Kami Real Madrid dan kami bisa mencetak gol kapan pun yang kami inginkan.” Uniknya, gol-gol Real Madrid tadi kebanyakan lahir berkat padunya seluruh armada Los Merengues di lapangan.

Sebuah gol kadang lahir karena skill individu seorang pemain. Kadang pula tercipta karena keteledoran pemain lawan. Namun, Real Madrid sejauh ini tak terlalu membutuhkan permainan satu orang atau kesalahan bek-bek musuh. Hal ini bisa dibuktikan dengan torehan assist Los Blancos sepanjang La Liga musim ini.

Real Madrid tercatat sebagai tim terbanyak yang menghasilkan assist. Ada 51 assist yang sudah dilepaskan pasukan Jose Mourinho; atau lebih dari 67% dari jumlah gol yang dibuat.

Tidak ada tim La Liga lain yang sedahsyat Real Madrid. Barcelona sang pesaing yang duduk di peringkat kedua daftar pencipta assist terbanyak, cuma mencatatkan 39 assist dari total 63 gol yang diborong. Dari segi persentase, pasukan Pep Guardiola juga kalah dari skuad Jose Mourinho. Cuma 61,91% gol El Barca yang diciptakan berkat kerjasama para pemain El Barca.

Di bawah kedua klub yang perseteruannya semakin memanas sejak Pep Guardiola menjadi pelatih Barcelona, ada Athletic Bilbao. Klub asuhan Marcelo Bielsa yang sekarang masih tercecer di peringkat sembilan klasemen sementara, mampu mencetak 24 assist.

Dibandingkan Real Madrid, persentase assist Bilbao terhadap gol, lebih besar. 70% gol pasukan San Mames berasal dari kerjasama antar pemain; bukan hanya skill individu semata.

Valencia dan Atletico Madrid, dua klub yang notabene dianggap sebagai tim besar, ada di peringkat keempat dan kelima. Valencia menciptakan 22 assist atau rata-rata satu assist di setiap pertandingan. Sementara itu, Atletico Madrid yang tengah bangkit, melepaskan 20 assist.

Yang unik, klub dengan assist tersedikit bukanlah sang juru kunci Real Zaragoza. Melainkan, Granada yang sempat menyodok papan tengah. Klub kloning Udinese membuat 10 assist dari 17 gol yang berhasil mereka ciptakan.

Berikut ini daftar klub dengan assist terbanyak di La Liga.

No Tim Assist
1 Real Madrid 51
2 Barcelona 39
3 Athletic Bilbao 24
4 Valencia 22
5 Atletico Madrid 20
6 Osasuna 18
7 Villarreal 17
8 Levante 16
9 Espanyol 16
10 Rayo Vallecano 15
11 Malaga 15
12 Real Sociedad 15
13 Sevilla 14
14 Racing Santander 14
15 Real Zaragoza 13
16 Real Betis 12
17 Getafe 11
18 Sporting Gijon 11
19 Mallorca 10
20 Granada 10

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda