Scroll to Top

Cinta itu Bukan dari Hati Anda

By Ilham Choirul / Published on Friday, 17 Feb 2012

jatuh cinta

Sebenarnya, cinta yang Anda rasakan terhadap kekasih itu bukan berasal dari hati. Otaklah yang menggerakkan itu semua. Ada bagian di otak yang mampu memberikan rangsangan kepada pemiliknya untuk memberikan respon emosi, bahagia, sampai merasakan cinta.

Rasa cinta muncul dari bagian otak yang juga bekerja tatkala seseorang kecanduan narkoba. Di sana ada kesamaan dalam memroses sistem kerja antara dua hal itu. Dengan kata lain, cinta itu juga memiliki efek candu. Cinta muncul di posisi otak yang menjadi semacam “pusat kesenangan”.

“Bagian tersebut membantu kita mengenali kebahagiaan,” ujar Lucy Brown, ahli saraf dari Albert Einstein College of Medicine, New York, dikutip National Geographic.

Dari bagian otak ini, manusia bisa merasakan cinta yang mendalam sekaligus perasaan lain yang menyertainya. Seperti cemas, resah, deg-degan, dan sebagainya yang menjadi hasil kerja sistem di otak.

Hebatnya otak, dia bisa menganalisa lawan jenis yang cocok sebagai pasangan serta memberikan stimulan untuk bisa menyukai orang itu. Akhirnya muncullah inisiatif tindakan untuk mewujudkan keinginan agar selalu bisa berdampingan. Seperti merayu, berkasih sayang, atau cari perhatian. Cinta menjadi perasaan sangat kuat dalam diri seseorang.

“Kita merasa bahagia saat jatuh cinta, sekaligus merasa cemas,” kata Brown.

Arthur Aron, psikolog dari State University of New York, dalam penelitiannya mengatakan, seorang pasangan yang saling mencintai dalam waktu lama, bagian otak yang memroses ikatan dan pujian akan terus bekerja.

“Selama cinta masih bertahan, kita terbiasa dengan sebuah hubungan, dan kita tidak takut pasangan kita akan meninggalkan kita,” ujar Arthur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda