Scroll to Top

Foto Syur Sami Khedira Membuat Wartawan Tunisia Ditangkap

By Fitra Firdaus / Published on Friday, 17 Feb 2012

Masih ingat dengan foto vulgar Sami Khedira yang menghebohkan dunia? Khedira rela berfoto dengan sang kekasih Lena Gercke untuk majalah GQ. Beberapa foto terlihat sangat provokatif untuk memamerkan keintiman pasangan ini. Bahkan, di sampul depan, tampak Khedira yang tengah menutup bagian dada Lena Gercke yang dibiarkan telanjang.

Sami Khedira GQ 2

Kontroversi sudah sedikit meletup di Eropa. Meskipun banyak yang adem-ayem dengan foto Khedira-Gercke, banyak yang menyesalkan keberanian kedua pasangan ini.

Di Afrika, kejadian yang lebih fatal terjadi. Pemerintah Tunisia menangkap tiga wartawan yang terbukti mempublikasikan foto Khedira-Gercke yang di negara tersebut dianggap sebagai foto tidak bermoral. Mereka adalah Nasredinne Ben Saida (kepala harian), Habib Guizani (editor publikasi), dan wartawan Hedi Hidhri dari harian Attounissia.

Tindakan sepihak pemerintah Tunisia ini membuat Federasi Wartawan Internasional (IFJ) dan Persatuan Wartawan Tunisia (SNJT) bereaksi keras. IFJ menyebutkan bahwa pemerintah Tunisia terlalu berlebihan. Meskipun foto Khedira dan Lena Gercke terkesan tabu dan seronok, bukan berarti penyebaran foto ini digunakan untuk mempromosikan gaya hidup (bebas) pasangan Jerman ini.

Sementara itu, SNJT menganggap tindakan pemerintah Tunisa sebagai penyalahgunaan kekuasaan oleh pihak berwenang. SNJT menyatakan bahwa kebebasan pers, termasuk pemuatan foto Khedira-Gercke, adalah salah satu pilar masyarakat yang demokratis dan toleran.

Khedira sendiri pasti tak pernah menyangka, foto yang konon digunakan untuk menyatakan kuatnya cinta sang gelandang Real Madrid dengan pacarnya yang seorang model papan atas dunia, bisa menjebloskan tiga wartawan ke penjara sementara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda