Scroll to Top

LibreOffice 3.5 Dirilis!

By Ditya / Published on Friday, 17 Feb 2012

Pengguna sistem operasi Linux tentu tidak asing lagi dengan Office suite ini, pengguna Windows mungkin lebih terbiasa dengan Microsoft Office.

LibreOffice Calc

LibreOffice adalah software office gratis dan open source yang dikembangkan oleh The Document Fundation (TDF) dan dibuat berdasarkan OpenOffice.

Komunitas dibelakang proyek LibreOffice telah merilis versi 3.5 yang membawa berbagai fitur baru dan perbaikan dari versi sebelumnya.

Proyek LibreOffice didirikan pada tahun 2010 yang dibuat berdasarkan OpenOffice.org. Karena sifatnya yang lebih terbuka, proyek ini menarik banyak kontributor baru sehingga memungkinkan LibreOffice untuk maju lebih cepat.

Salah satu fitur baru dari LibreOffice 3.5 ini adalah grammar checking tool baru. Fitur ini berfungsi untuk mengecek tata bahasa yang dibangun dengan, sebuah tool untuk menganalisa grammar yang diimplementasikan dengan bahasa pemrograman Phyton.

Selain itu, LibreOffice 3.5 juga membawa perbaikan pada Linux Libertine Font yang sekarang mendukung fitur tambahan seperti true small caps.

LibreOffice Calc, aplikasi spreedshet layaknya Microsoft Excel, kini mampu mendukung hingga 10,000 sheet dan menawarkan kinerja yang lebih baik saat bekerja dengan banyak sheet.

Tak hanya LibreOffice Calc, Impress, aplikasi presentasi layaknya PowerPoint juga mendapatkan banyak perbaikan dan peningkatan fitur baru serta dukungan yang lebih baik untuk file PowerPoint.

Selain menambah fitur baru dan memperbaiki bug, pengembang LibreOffice pembersihan kode utama dan maenghapus beberapa kode yang tidak digunakan.

“Selain fitur yang terlihat, Kontributor telah melakukan pembersihan kode dan metode-metode yang sudah usang. Meskipun jalan kami masih panjang, pengguna kadang mengeluh masalah stabilitas software, namun kami telah berusaha agar LibreOffice 3.5 lebih ramping, lebih bersih dan kaya fitur.” kata Michael Meeks, salah satu pengembang LibreOffice.

Kehadiran LibreOffice diharapkan menjadi alternatif dari software office berbayar seperti Microsoft Office. Para pengembang akan lebih aktif dan inovatif dalam mengembangkan LibreOffice.

Anda penasaran ingin mencoba software office open source ini? Silahkan mengunduh di situs resmi LibreOffice.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda