Scroll to Top

Facebook Luncurkan Verified Account

By Ibnu Azis / Published on Friday, 17 Feb 2012

Facebook Luncurkan Verified Account_1Facebook, jejaring sosial yang dalam proses pendaftaran menggunakan nama atau identitas asli, sesaat lagi akan mengizinkan publik figur, artis, politisi, atlit, dan tokoh masyarakat lainnya untuk menverifikasi akun mereka.

Tujuannya sejatinya hanya sepele. Agar mereka dapat menampilkan nama (panggilan) yang disukai selain nama lahir (asli).

Langkah ini ditempuh untuk menghindari penipuan akun yang kerap ditemui di Facebook. Tak sedikit user biasa yang mengaku artis atau atlit dan memanfaatkan ketenaran publik figur tersebut untuk kepentingan lain.

Selain itu Facebook menganggap jika langkah ini sebagai tindakan yang masuk akal bagi pengguna mereka untuk berlangganan (subscribe) pada akun yang tepat.

Sehingga mereka tidak seperti membeli kucing dalam karung. Fitur Verified Accounts telah digunakan di Twitter sejak lama. Tujuannya pun sama, untuk menghindari penipuan. Dan Facebook sepertinya mencoba untuk menghadirkannya pula.

Facebook Luncurkan Verified Account_2Prosesnya sangat sederhana. Nantinya publik figur tersebut akan menerima pesan dari Facebook untuk menverifikasi akun mereka.

Dan Facebook akan meminta publik figur tersebut untuk mengunggah (foto) ID (KTP) yang berlaku. Facebook berjanji akan menghapus foto ID tersebut setelah proses verifikasi selesai.

Namun apakah Facebook benar-benar menghapus semua foto yang diunggah user?

Sebagai contoh penyanyi nyentrik Lady Gaga yang bernama asli Stefani Germanotta dapat menverifikasi akunnya.

Dengan demikian, ia dapat memilih nama tampilan. Apakah Lady Gaga atau Stefani Germanotta. Dan Facebook akan dapat menampilkan saran yang lebih tepat ketika user mereka ingin mencari laman artis yang bersangkutan.

Dan pengguna tak akan salah memilih langganan atau sekadar memberi jempol.

Contoh lain jika Anda mencoba mencari Facebook Irfan Bachdim di penelusuran Facebook, di hasil penelusuran, mungkin Anda akan bingung, mana akun Irfan Bachdim yang sesungguhnya. Sebab muncul belasan bahkan puluhan laman, komunitas, dan orang yang mengaku sebagai Irfan Bachdim.

Dengan verifed accounts kesalahan berlangganan atau nge-like akan dapat diminimalisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda