Scroll to Top

Rumor : Android 5 Diluncurkan Kuartal 2 Tahun Ini

By Ditya / Published on Saturday, 18 Feb 2012

Android adalah sistem operasi besutan Google yang hadir di smartphone maupun tablet dan bersaing dengan iOS dan Blackberry OS.

Android 5 Jelly BeanSetelah sebelumnya Google baru saja meluncurkan Android 4 Ice Cream Sandwich, kini telah muncul rumor mengenai Android 5 dengan kode nama “Jelly Bean”.

Sebuah laporan dari situs Taiwan, DigiTimes, mengklaim bahwa Google bisa meluncurkan Android 5 dengan kode nama “Jelly Bean” pada kuartal kedua tahun 2012. Laporan tersebut mengutip dari produsen yang tidak disebutkan namanya.

Laporan ini juga menunjukan bahwa Android 5 Jelly Bean akan mengintegrasikan “Chrome System Functions”. DigiTimes juga mengklaim bahwa Google bertujuan untuk membawa Android 5 tidak hanya berhenti di pasar smartphone dan tablet, tapi juga sampai ke pasar netbook dan laptop.

Rumor mengenai kehadiran fungsi Chrome OS di Android 5 ini menimbulkan pertanyaan apakah Google telah melihat potensi penggabungan Android dengan Chrome OS.

Sebagai catatan, Google baru saja meluncurkan browser Chrome Web yang di porting ke Android yang kini telah mencapai versi beta publik untuk Android 4.

DigiTimes juga mengklaim bahwa produsen perangkat keras dapat memproduksi tablet dengan dual sistem operasi Android dan Windows 8. Pengguna dapat beralih antara 2 sistem tanpa harus reboot, inilah yang membedakan sistem baru dengan sistem lama dual-boot.

Rumor ini masih diragukan mengingat Google baru saja meluncurkan Android 4 Ice Cream Sandwich. Google juga sedang merombak platform selama masa transisi antara Android 3 Honeycomb dengan Android 4 Ice Cream Sandwich.

Beberapa pihak menilai jika siklus rilis Android terlalu cepat, bisa memperburuk fragmentasi akibat banyaknya versi Android yang tersebar. Belum ada tanggapan resmi dari Google mengenai rumor tentang Android 5 ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda