Scroll to Top

Hati-Hati! Data Kontak Smartphone Anda Dicuri Jejaring Sosial

By angelberta / Published on Saturday, 18 Feb 2012

Hati-Hati pencurian data

Seperti yang kita ketahui, banyak orang Indonesia yang sangat menggemari jejaring sosial. Bagi Anda pemilik smartphone, berhati-hatilah terhadap jejaring sosial. Data Anda diambil tanpa sepengetahuan Anda.

Bisa jadi hal ini merugikan Anda.  Sebab, kenyataan membuktikan bahwa Twitter sendiri baru saja mengaku kalau telah mengkopi seluruh data kontak dari smartphone dan disimpan di data server twitter. Bahkan tindakan ini sering dilakukan tanpa sepengetahuan para pengguna Twitter.

Ketika pengguna mengklik “Cari Teman/Find Friends” pada aplikasi smartphone, akses ini diaktifkan dan langsung terhubung ke data kontak. Dengan adanya masalah ini, Twitter mengatakan akan memperbarui kebijakan privasi bagi pengguna supaya lebih eksplisit.

Terungkapnya kasus praktek yang pertama kali ini ketika Arun Thampi, seorang pengembang aplikasi di Singapura, melihat bahwa kontaknya telah dikopi dari buku alamat di iPhone-nya. Pengkopian ini dilakukan oleh media sosial Path yang pada waktu itu digunakan Arun Thampi, tanpa persetujuan Arun Thampi.

Menurut laporan Vivanews, dikabarkan bahwa sejumlah aplikasi situs sosial di iPhone termasuk Facebook, Foursquare, dan Instagram,  juga mengakses nomer kontak yang ada di smartphone pengguna.

Terkait hal ini, Facebook mengatakan bahwa aplikasi ini hanya akan meng-upload informasi kontak jika pengguna memilih untuk melakukan sinkronisasi kontak dengan situs web.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Komentar Anda